Kembangkan Olahan Makanan Berbahan Singkong

Desa Lanjan, Kecamatan Sumowono

128
KRECEK : Kadus Jambon, Sugiyanto saat memeriksa krecek yang sedang dijemur di rumahnya (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KRECEK : Kadus Jambon, Sugiyanto saat memeriksa krecek yang sedang dijemur di rumahnya (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SUMOWONO – Desa Lanjan kecamatan Sumowono akan mengembangkan produk rumahan olahan wargana. Saat ini, di Desa Lanjan terdapat sejumlah warga yang mengolah berbagai jenis makanan berbahan ketela pohon atau singkong.

Salah satunya adalah krecek, semacam rengginang namun dibuat dari bahan ketela pohon. Sekretaris Desa Qomarudin menjelaskan, selain krecek warga Desa juga membuat sejumlah makanan lain seperti cethil dan juga cethot.

Kades : Muhamad Sukri (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
Kades : Muhamad Sukri (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

”Itu di satu dusun hampir 50 persen lebih warga membuat makanan dari ketela ini. Semuanya bergerak di industri rumahan,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang sembari menambahkan bahwa di Desa ini hasil bumi berupa ketela memang cukup banyak.

Usaha ini, kata Qomarudin ke depannya akan dikembangkan lagi dengan memberikan suntikan dana Desa untuk membeli peralatan. Sebab, selama ini peralatan untuk membuat makanan ini masih terbatas. Dari sepuluh orang hanya ada satu orang yang memiliki peralatan, seperti selep untuk menggiling bahan utamanya.

”Selain peralatan, kita juga akan dorong di pemasarannya juga. Karena pemasaran selama ini hanya dilakukan di tingkat lokal. Di pasar-pasar dan kadang ada pembeli yang datang ke rumah. Intinya akan kami dorong. Karena untuk sebagian warga, pembuatan makanan ini memang menjadi penghasilan utama bagi mereka. Terutama yang ibu-ibu,” imbuh Qomarudin mewakili Kepala Desa Lanjan, Muhamad Sukri.

Makanan dari ketela ini, kata Kadus Jambon, Sugiyono memiliki rasa yang gurih seperti rengginang. Namun, tidak hanya rasa original saja, pembuatan makanan khas dari ketela ini dapat dikombinasikan dengan beberapa macam rasa. ”Ketika digoreng itu bsa ditambahkan rasa-rasa lain juga,” kata dia.

Diharapkan, usaha warga di bidang pengolahan makanan dapat semakin berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga. (cr4/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here