Fokuskan Pembangunan Pasar Desa

Desa Rejosari, Kecamatan Jambu

172
KOMPAK : Kades Rejosari (duduk tengah) berfoto bersama perangkat desa Rejosari (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
KOMPAK : Kades Rejosari (duduk tengah) berfoto bersama perangkat desa Rejosari (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

JAMBU – Desa Rejosari Kecamatan Jambu akan fokuskan pembangunan Pasar Desa di tahun 2018. Kehadiran Pasar Desa diprediksi mampu mendorong perekonomian warga yang sebagian besar bekerja sebagai petani.

Embrio Pasar Desa ini, dikatakan oleh Kades Rejosari, Budi Wahono saat ini sudah ada. Dari embrio ini, nantinya akan dilakukan pembangunan fisik sehingga hasil pertanian warga bisa dijual di pasar Desa ini.

”Di sini memang letaknya strategis di jalan alternatif Bedono-Sumowono. Sehingga kami rasa letak strategis ini akan mendukung keberadaan pasar Desa,” ujar Budi kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kades : Budi Wahono (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
Kades : Budi Wahono (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

Keberadaan Pasar Desa ini nantinya diharapkan juga bisa meningkatkan PADes Rejosari. Selanjutnya, PADes dari Pasar Desa ini dapat digunakan kembali untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa Rejosari.

”Ini juga sebagai upaya kami untuk menata pedagang yang selama ini masih sendiri-sendiri. Tahun depan kami hanya akan fokus pada satu pembangunan Pasar Desa itu,” jelasnya di kantor Kepala Desa.

Menjelang didirikannya Pasar Desa, saat ini Pemerintah Desa Rejosari sedang berupaya meningkatkan hasil pertanian warga. Salah satunya adalah dengan membuka akses jalan untuk aktivitas pertanian serta meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pertanian.

”Tahun ini kami sudah melakukan pembangunan jalut, jitut. Kami juga memperlebar jalan yang dulunya setapak, kini bisa dilewati mobil. Setelah akses ini dibuka, hasil pertanian semakin tinggi,” jelas kepala desa yang sejak tahun 2009 melakukan gerakan rehabilitasi kebun kopi dan cengkeh di wilayah desanya ini.

Dengan hasil pertanian yang tinggi dan adanya Pasar Desa, Budi dan segenap perangkat Desa berharap warga Desa Rejosari bisa semakin sejahtera. ”Di sini juga ada tanah desa yang nantinya akan kami bangun kolam renang dan kolam pemancingan. Untuk yang satu ini, kami rencanakan bisa masuk di BUMDes kami,” ujar Kades yang selalu berupaya berinovasi untuk mengatasi persoalan ini. (cr4/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here