ASN Jangan Terlibat Politik Praktis

148
DILANTIK: Sebanyak 57 pejabat di Kendal dilantik oleh Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur di Pendopo Agung Kendal, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
DILANTIK: Sebanyak 57 pejabat di Kendal dilantik oleh Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur di Pendopo Agung Kendal, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Bupati Kendal Mirna Annisa meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kendal untuk fokus melayani masyarkat dan membangun daerah. Sebab, sudah saatnya Kendal untuk bangkit dan bisa setara dengan kabupaten lain.

“ASN jangan terlibat dan mengurusi politik praktis. Apalagi termakan isu-isu yang dapat memecah belah dan menghambat pembangunan. Hal itu harus dibuang jauh-jauh, ANS harus bisa menunjukkan loyalitasnya kepada masyarakat,” kata Bupati dalam sambutan yang disampaikan Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur pada Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Jabatan Administrator dan Pengawas di Pendopo Kendal, Kamis (2/11).

Ia menegaskan, akan selalu melakukan pengawasan secara berkala dan periodik terhadap kinerja seluruh pejabat-pejabat di Kendal. Termasuk nantinya adalah organisasi perangkata daerah (OPD) atau instansi yang penyerapan anggarannya rendah. Hal itu akan menjadi bahan evaluasi khusus bagi dirinya untuk melalukan mutasi.

Sekda Kendal Mohammad Toha menambahkan, ia akan melakukan supervisi terhadap kinerja OPD-OPD yang serapan anggarannya masih rendah. “Jika kemarin masih pemantauan dan laporan saja, kali ini rencana saya akan turun ke OPD sehingga anggaran yang ada bisa terserap maksimal,” tandasnya.

Menurutnya, seperti di Dinas Pendidikan, DAK dari pusat yang terkendala pada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis, sehingga waktunya tidak memungkinkan untuk dilaksanakan. Selain itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memiliki kendala karena semua dana digunakan untuk pembangunan.

“Rata-rata pelaksana proyek itu cair setelah proyek selesai dikerjakan dan ada serah terima hasil pekerjaan. Nah hal itu kami akan kejar untuk pembayaran uang muka atau pencarian secara bertahap. Sehingga dana yang ada bisa segera terserap,” akunya. (bud/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here