Konsolidasi Forum Kebangsaan, Jaga Keutuhan NKRI

109
Rukma Setyabudi (Ketua DPRD Jateng).
Rukma Setyabudi (Ketua DPRD Jateng).

SEMARANG – Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Tengah bakal menggelar kegiatan Temu Konsolidasi Forum Kebangsaan Bersama Forkopimda, DPRD, SKPD, BUMD dan Masyarakat di Jawa Tengah. Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya menjaga keutuhan NKRI. Rencananya akan dipusatkan di Kabupaten Purworejo, Minggu, 12 November 2017 mendatang.

 Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengatakan, banyaknya tindakan radikalisme, terorisme, penistaan agama di beberapa daerah jelas bisa mengganggu kestabilan keamanan. Untuk itulah, harus ada upaya konkret sebagai antisipasinya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan pertemuan / silaturahmi antara unsur-unsur pemerintahan maupun elemen masyarakat dengan Temu Konsolidasi Forum Kebangsaan bersama Forkopimda, DPRD, SKPD, BUMD dan Masyarakat Umum di Provinsi Jawa Tengah. “Kegiatan ini kami gagas sebagai upaya kebersamaan dan dalam rangka menjalin persatuan dalam keberagaman demi menjaga NKRI,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan, keutuhan NKRI merupakan harga mati yang tidak boleh ditawar lagi. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat bisa bersama mewujudkan lingkungan yang kondusif, guyub rukun, toleransi dan salingpeduli dalam kebersamaan dan persatuan di antara unsur-unsur pemerintahan maupun elemen masyarakat di Jawa Tengah Khususnya dan Masyarakat Indonesia pada umumnya. “Ini merupakan forum strategis dimana dapat mempertemukan berbagai pihak dalam rangka menjalin persatuan dalam keberagaman demi menjaga keutuhan NKRI,” tambahnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, nantinya juga akan dilakukan deklarasi Kebangsaan oleh FORKOPIMDA, DPRD, SKPD, BUMD dan Masyarakat Umum. Ia menegaskan, zaman seperti sekarang ini semua warga Indonesia harus bisa berpikir inklusif dan terus bersatu agar tetap terjaga keutuhan Indonesia ini supaya tidak dapat dipecah belah oleh bangsa luar. Wawasan kebangsaan secara substansi mengandung tiga aspek yaitu paham kebangsaan, rasa kebangsaan, semangat kebangsaan. “Jadi paham kebangsaan adalah pemahaman rakyat terhadap bangsa dan negara,” tambahnya.

Ketua Panitia Temu Konsolidasi Forum Kebangsaan Bersama Forkopimda, DPRD, SKPD, BUMD dan Masyarakat di Jawa Tengah, Anantha Aji Wicaksono berharap kegiatan dapat diselenggarakan sesuai jadwal waktu yang direncanakan. Nantinya kegiatan akan diikuti oleh Forkopimda Provinsi Jawa Tengah; 100 Anggota DPRD Jateng; SKPD Provinsi Jawa Tengah; 800 masyarakat umum serta dari unsur BUMD di Jateng. “Kami berharap semoga kegiatan yang dilakukan nanti bisa bermakna dan berdampak positif terhadap persatuan dalam keberagaman demi menjaga NKRI,” tambahnya.

Sejumlah agenda akan dilakukan dalam acara tersebut. Seperti deklarasi kebangsaan; sepeda santai 1000 masyarakat umum (jarak tempuh kurang lebih 29 kilometer);  senam pagi serta panggung hiburan dan doorprise. “Untuk kegiatan sepeda santai nanti start dari depan halaman kantor Bupati Purworejo,” tambahnya. (fth/adv/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here