Dishub Bakal Terapkan E-Parking

154

SALATIGA – Dinas Perhubungan Kota Salatiga tahun 2018 bakal menerapkan e-parkir di sejumlah ruas jalan. Penerapan ini diyakini bakal mengurangi kebocoran pemasukan asli daerah dari sektor parkir di wilayah Kota Salatiga.

Hal itu diungkapkan kepala Dinas Perhubungan Ady Suprapto usai memberikan pengarahan dalam sosialisasi penerapan e-parkir yang diikuti sekitar 15 koordinator parkir.

“Kami berencana menerapkan e-parkir dan secara konsep sudah matang sehingga akan segera diujicobakan tahun mendatang,” jelas Ady kepada wartawan, kemarin siang.

Konsep e-parking adalah konsumen parkir setelah menggunakan jasa parkir bisa membayar dengan uang tunai atau kartu ke mesin yang telah disediakan. Juru parkir nantinya tetap ada namun tugasnya mengatur parkir. Dan juga membantu konsumen dalam membayarkan ke mesin yang ada.

“Insya Allah tahun 2018 dan paling lambang 2019 sudah bisa diaplikasikan dan sebelumnya diujicobakan terlebih dahulu. Untuk awal, kita siapkan dua mesin yakni anjungan parkir dan satunya portable yang bisa dipindah pasang,” jelas pria berkacamata ini kepada Radar Semarang.

Dijelaskan dia, mesin portable bahkan bisa dibawa. Jika ada konsumen yang hendak membayar parkir dengan kartu, bisa langsung digesek dan jukir juga memfoto plat nomor pengguna parkir. Semua transaksi langsung termonitor dengan pengawas. Harganya, untuk alat portable senilai kisaran Rp 20 juta dan anjungan mencapai Rp 125 juta.

Warga yang ditemui dan dimintai pendapat berkait rencana e-parking sangat mendukung. Hanya saja perlu dipikirkan, bagaimana kesejahteraan para juru parkir jika fungsinya tergantikan oleh mesin.

“Kami sangat mendukung karena secara teori sangat bagus. Tetapi bagaimana penerapannya? Apakah saat ini juru parkir tidak dikelola langsung oleh Dishub? Kesejahteraan para jukir ini harus menjadi perhatian Dishub,” ujar Suroso Kuncoro, warga Tingkir yang juga pensiunan PNS. Menurutnya, sebaiknya semua jukir bekerja di bawah naungan Dishub dan mendapatkan gaji bulanan. (sas/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here