Wajib Umumkan APBDes ke Warga

406
Zaenal Arifin (IST).
Zaenal Arifin (IST).

MUNGKID—Pemkab Magelang mendorong penggunaan dana desa untuk terus ditingkatkan secara kualitas. Baik dari sisi pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan. Terkait hal itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan, aparatur pemerintah desa perlu mendapatkan bimbingan teknis (bimtek) Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan aplikasi OMSPAN (Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara).

Bimtek kerja sama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan dan Kantor Pelayanan Pajak Negara. Pelatihan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi aparatur desa. “Pemerintah desa juga kami minta menyebarluaskan informasi ringkasan APBDes di beberapa tempat strategis di desa, sebagai bentuk transparansi anggaran,” kata Bupati Zaenal.

Mengantisipasi munculnya penyimpangan bantuan keuangan desa, optimalisasi pengawasan dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah akan dilakukan. Juga, pendampingan oleh Tim TP4D (Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah) dari Kejaksaan Negeri.

Dikatakan Bupati Zaenal, “Penguatan dan pengawasan implementasi Dana Desa dan mengikutsertakan dalam pelaksanaan bimtek Siskeudes sehingga kepolisian memahami tata cara perencanaan, pelaksanaan sampai pelaporan dana desa.” Sedangkan terkait masyarakat yang tidak membayar keberlanjutan kepesertaan BPJS mandiri, kata Bupati Zaenal Arifin, Pemkab melakukan inventarisasi data. Juga memilah berdasarkan kategori miskin dan tidak miskin.

Bupati Zaenal menyampaikan, upaya Pemkab meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat–selain membangun RSUD tipe B– juga meningkatkan Puskesmas Rawat Inap menjadi RSU tipe D. (vie/isk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here