Pemuda Harus Berperan dalam Perubahan Bangsa

Ngobrol Cah Enom Bareng PKS Batang

126
NGOBROL CAH NOM : Anggota PKS Batang saat menggelar diskusi kepemudaan dengan para pemuda perwakilan DPC PKS se-Kabupaten Batang (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
NGOBROL CAH NOM : Anggota PKS Batang saat menggelar diskusi kepemudaan dengan para pemuda perwakilan DPC PKS se-Kabupaten Batang (LUTFI HANAFI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

BATANG-Memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2017, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Batang melalui tim PKS Muda melakukan kegiatan talk show ‘Ngobrol cah Enom’ dengan tema ‘Mencari Pemimpin Muda Kabupaten Batang’.

Hadir dalam acara tersebut, sebagai narasumber adalah Riyono, (Anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Tengah), Cipto Haryono (Pelaku Sociopreneur Jamur Tiram), Andy Trisna Yuliantonika (Owner Sapi Online) dan Wanto (Ketua Perpusdes Deles dan Koordinator Bimbel Gratis Kepyar Bersinar). Selain beberapa narasumber, hadir juga Taufik Ikhsanudin (Anggota DPRD Batang dari PKS).

“Acara talkshow kami gelar pada Jumat malam, 27 Oktober 2017 kemarin di Cafe Newbie. Ada 60 peserta yang berasal dari anak-anak muda dari seluruh perwakilan DPC PKS se-Kabupaten Batang,” ucap tokoh muda PKS Batang Taufik Ikhsanudin, Selasa (31/11) kemarin.

Ditambahkan pria yang juga anggota DPRD Batang dari PKS ini, selain talkshow tentang kepemudaan, pada acara tersebut juga diadakan Deklarasi Caleg PKS Muda yang akan maju pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua Tim Pencalegan PKS, M Jumadi menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu ikhtiar kita untuk menghadirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas melalui kontestasi Pileg 2019.

“Caleg PKS Muda yang dideklarasikan pada malam kemarin, adalah yang selama ini sudah punya peran dan kontribusi bagi masyarakat. Kami berharap, dengan semakin banyaknya tokoh-tokoh pemuda dalam perpolitikan, khususnya di Batang akan semakin mempercepat kemajuan di Kabupaten Batang ini,” ujarnya.

Ketua DPD PKS Kabupaten Batang, M Saladin menambahkan bahwa pemuda adalah aset terbesar bangsa ini. Pemuda harus berperan menjadi bagian perubahan sebuah bangsa lebih baik. Di tangan para pemuda inilah, arah kemajuan bangsa akan ditentukan. “Pemuda harus senantiasa meng-upgrade kapasitas dan kompetensi dirinya, agar ketika momentum para pemuda memimpin, maka dia sudah lebih siap,” imbaunya.

Dalam acara talk show kemarin, diungkapkan Ketua Panitia Acara, Nur Wahid, bahwa kegiatan malam tersebut bertujuan memberikan wadah bagi para pemuda untuk berdiskusi dan mencari solusi agar bisa lebih memberikan peran dan kontribusinya bagi perbaikan-perbaikan di masyarakat. “Intinya untuk diskusi para pemuda Batang, agar bisa memberikan peran dan kontribusinya kepada masyrakat,” ungkapnya.

Pemilik Sapi Online Andy Trisna Yuliantonika, 28, pada talkshownya mengatakan bahwa pemuda harus memiliki mimpi atau dalam bahasa gaulnya menjadi pemuda yang visioner. “Karena mimpi-mimpi inilah yang akan membuat kita senantiasa bersemangat dalam melangkah. Mimpi inilah yang akan menjaga fokus dan prioritas kita dalam melangkah,” ucapnya.

Sedangkan pebisnis Jamur Tiram Cipto Haryono, 27, memberikan motivasi bahwa pemuda harus memiliki keberanian melangkah, jangan sampai punya cita-cita tapi hanya sekedar menjadi angan-angan terus. Namun, bukan berarti tidak berfikir untuk melangkah. “Sebagai pemuda, kita harus berani mengawali ide-ide dan gagasan untuk melakukan perbaikan bagi bangsa dan negara ini,” serunya.

Lain halnya Wanto, pemuda 28 tahun penggagas perpusatkaan desa ini bercerita tentang perjuangan awal dia merintis Perpusdes dan bimbel gratis kepada masyarakat yang kurang mampu. Yang mana dirinya mengawali proyek-proyek sosial ini dari nol. Bahkan, kadang harus pinjam uang teman agar bisa ikut pelatihan-pelatihan tentang perpustakaan.

“Bahkan gaji saya yang pas-pasan, saya gunakan untuk membeli beberapa buku untuk mengisi perpustakaan saya. Alhamdulillah, atas izin Allah SWT dan support dari pihak-pihak terkait, sekarang Perpusdes yang saya kelola bisa berkembang sampai memberikan pelayanan bimbel gratis kepada masyarakat,” ucapnya memotivasi. (han/adv/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here