Matangkan Persyaratan Calon Ketua Umum

207
John Richard
John Richard

SEMARANG – Tim penjaringan dan pemyaringan calon Ketua Umum KONI Jateng mematangkan usulan kriteria umum dan persyaratan khusus. Tim tersebut telah mengusulkan beberapa poin yang akan diajukan ke pengurus KONI Jateng untuk dibahas dalam rapat pleno. Dua hal itu mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga KONI.

”Kami sudah menyampaikan usulan kriteria umum dan persyaratan khusus tersebut kepada Ketua Umum KONI Jateng untuk diplenokan. Ini masih bersifat usulan dan nantinya akan disahkan oleh pengurus. Sesudah mendapat pengesahan, kami akan menentukan waktu penjaringan dan penyaringan ini,” tutur Ketua Penjaringan dan Penyaringan John Richard Latuihamallo.

John memastikan, persyaratan khsusus yang diajukan melalui proses pertimbangan yang matang dari tim. Dengan memperhatikan usulan dan apa yang dilakukan KONI provinsi lain serta saran yang logis. Menurutnya semua usulan sudah memenuhi unsur-unsur tersebut. Dia menggaris bawahi yang harus diperhatikan sosok yang hendak mencalonkan diri.

Diantaranya adalah pernah menjadi pengurus KONI Jateng atau di atasnya atau menjadi ketua umum cabang olahraga Jateng ataudi atasnya, berdomisili di Jateng (dibuktikan dengan KTP dan KK), dan memperoleh rekomendasi dukungan minimal tujuh cabang olahrga dan tiga KONI Kabupaten/Kota.

”Untuk rekomendasi atau dukungan mutlak ditanda tangani oleh ketua umum. Tidak bisa sekretaris atau pengurus inti lainnya. Ini untuk menghindari adanya perbedaan dukungan dari pengprov atau KONI daerah. Kami ingin fair dalam melakukan penjaringan/penyaringan,” tutur pria yang juga sebagai pengacara itu.

Hal penting lain yang harus dipenuhi adalah tidak dalam status tersangka (dibuktikan SKCK) dan bebas narkoba (dibuktikan dari surat rumah sakit). Lebih lanjut dijelaskan, calon ketua umum nanti tidak boleh seorang pejabat publik.

”Setiap anggota KONI Jateng hanya bisa mengusulkan satu nama saja. Jika terjadi dualisme dukungan, maka akan dinyatakan tidak sah dukungan tersebut. Sekali lagi, ini semua masih bersifat usulan dan akan disahkan pada rapat pleno nanti,” tandas John Richard. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here