Kembangkan Industri Rumahan Demi Kesejahteraan Warga

126
Fatchan Anshori
Fatchan Anshori

BRINGIN – Selain bergerak di bidang pertanian, tidak sedikit warga Desa Pakis Kecamatan Bringin juga membuka usaha home industri. Diantaranya bergerak pada kegiatan produksi tahu, tempe, anyaman dan beberapa usaha lainnya.

Kepala Desa Pakis, Fatchan Anshori mengatakan, selain usaha rumahan, di desa ini terdapat pula pabrik yang bergerak dalam pembuatan kerajinan kayu.

“Bahkan, pabrik ini juga memberikan kesempatan ke warga sini yang difabel untuk bekerja. Penghasilannya cukup besar,” ujar Fatchan kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Pabrik kayu ini, dikatakan Fatchan, melayani pesanan dari luar negeri, salah satunya Australia yang biasa memesan bumerang hasil karya warga Desa Pakis.

“Beberapa warga ada yang membuat sub sub gitu. Jadi mereka bawa barang mentah dari pabrik ini untuk dikerjakan di rumah,” cerita Kades yang selalu berupaya menjalin silaturahmi dengan warganya ini untuk menghilangkan sekat antara Kades dan warga.

Sementara itu, untuk BUMDes, Desa Pakis baru akan menjalankannya di tahun 2018. Ketika BUMDes jalan, tidak menutup kemungkinan usaha rumahan warga ini akan dimasukkan ke dalamnya.

“Rencananya nanti untuk Pamsimas akan kita masukkan BUMDes. Saat ini Pamsimas baru proses,” jelasnya.

Ke depan, Fatchan berharap Desa Pakis bisa semakin maju dan sejahtera seiring berkembangnya usaha rumahan yang ada di desa tersebut. Dirinya ingin usaha rumahan warga bisa menambah penghasilan warga, di samping hasil yang didapatkan dari pertanian.

“Tentunya saya dan segenap perangkat Desa Pakis akan terus mengupayakan peningkatan  kesejahteraan warga. Kita akan bersungguh-sungguh. Karena barang siapa bersunnguh sungguh, maka dia akan berhasil,” pungkasnya. (cr4/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here