Gotong Rayong Bersihkan Sungai

203
BERSIHKAN SAMPAH: Warga bersama-sama membersihkan sampah di sekitar sungai Pandasi Desa Batursari Kecamatan Kledung, kemarin (Ningrum For Radar Kedu).
BERSIHKAN SAMPAH: Warga bersama-sama membersihkan sampah di sekitar sungai Pandasi Desa Batursari Kecamatan Kledung, kemarin (Ningrum For Radar Kedu).

TEMANGGUNG- Ratusan orang yang terdiri dari relawan, TNI- Polri, warga dan aktivis peduli lingkungan melakukan aksi bersih sungai di Sungai Pandasi Desa Batursari Kecamatan Kledung, Senin (31/10). Kerja bakti ini dilakukan setelah ada warga yang tertangkap basah sedang membuang sampah di sungaib tersebut.

Selain sungai Pandasi, ada tiga titik sungai lainnya yang jaraknya tidak terlalu jauh, turut dibersihkan. “Saya sangat prihatin dengan aksi membuang sampah di sungai, sebab, sampah yang menumpuk bisa mencemari lingkungan dan bisa berdampak bencana banjir,” ucap Anggota DPD RI Denty Eka Widi Pratiwi yang turut serta dalam bersih-bersih tersebut. Denty pula yang pertama kali menemui dan penegur 2 pembuang sampah di sungai tersebut, pekan lalu.

Denty juga berharap, ke depan, undang-undang (UU) No 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah dan perda Kabupaten tentang Sampah bisa ditegakkan. “Kita ingin, tahun 2020 Indonesia bebas sampah,” harapnya.

Kepala Seksi Kajian Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Temanggung Totok Purwanto menuturkan, lokasi bersih sungai ada 4 titik. “Keempat lokasi tersebut yang kerap digunakan untuk membuang sampah oleh warga sekitar,” ucapnya.

Rujito, warga sekitar yang ikut melalukan aksi bersih sampah, mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut. Bahkan saking semangatnya, ia sampai terluka karena terkena pecahan kaca saat membersihkan. Menurutnya, berbagai macam sampah dibuang di sungai oleh warga sekitar, seperti sampah sayur mayur, pecahan kaca, sampah rumah tangga, plastik bahkan bahan bangunan hingga menumpuk sungai tersebut. “Sampah-sampah itulah yang kita bersihkan hari ini (kemarin, red).” (san/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here