Digital Banking Sasar Generasi Muda

165
DIGITALISASI PERBANKAN : Direktur Utama BTN, Maryono menerima kenang-kenangan dari Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum usai mengisi kuliah umum, kemarin (ADITYo dwi/jawa pos radar semarang).
DIGITALISASI PERBANKAN : Direktur Utama BTN, Maryono menerima kenang-kenangan dari Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum usai mengisi kuliah umum, kemarin (ADITYo dwi/jawa pos radar semarang).

SEMARANG – Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini secara langsung berimbas pada dunia perbankan demi menghadapi dinamika digitalisasi. Salah satunya yang dilakukan PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk dengan menerapkan serangkaian langkah adaptasi transformasi digital sejak 2015.

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan inovasi di bidang teknologi sengaja dibuat untuk melayani kebutuhan nasabah. Pasalnya saat ini nasabah semakin kompleks namun membutuhkan layanan transaksi dan akses terhadap produk perbankan yang mudah, murah dan cepat.  Sehingga digital banking menjadi salah satu solusi yang perlu dioptimalkan fungsinya, terutama ke nasabah dari generasi millenial. “Digital banking dilakukan bukan hanya meningkatkan efisiensi, namun juga menyasar generasi muda yang lebih suka instan dan simpel,” katanya saat kuliah umum di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Selasa (31/10).

Ia menerangkan, BTN telah meluncurkan BTN Digital Lounge yang kini diubah menjadi smart branch. Kemudian merilis Digital Solution, yakni aplikasi perbankan untuk ponsel pintar selain internet banking. Dua aplikasi tersebut banyak digunakan karena dianggap memudahkan untuk aktivitas sehari-hari. “Frekuensi penggunaannya semakin meningkat. Banyak masyarakat yang merasa dimudahkan untuk beraktivitas. Generasi ini menjadi sasaran perbankan karena kelak akan  menyumbang pendapatan terbesar bagi industri perbankan setidaknya dalam satu dekade mendatang,” jelasnya.

Maryono menambahkan, makin pesatnya perkembangan digital banking juga menambah efisiensi bagi sejumlah perusahaan termasuk bank. Misalnya penurunan jumlah cabang, hingga SDM. Sehingga di era digital, korporasi membutuhkan SDM yang inovatif,mampu beradaptasi dengan teknologi baru dan menambah kemampuan yang bisa mengakomodasi dinamika kebutuhan masyarakat.

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum berharap BTN dapat bekerjasama dengan pihaknya, khususnya untuk mendorong mahasiswa menjadi pengusaha yang kompetitif. “Kami berharap dengan menggandeng BTN akan mendorong mahasiwa untuk berwirausaha,” ujarnya. (den/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here