Chatib Basri Nilai Dini Purwono Mampu Jadi Legislator Profesional

150
MENDAFTAR BACALEG: Dini Purwono SH LLM (kanan) saat mendaftar sebagai bakal calon anggota DPR RI di kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Pusat, kemarin. Berkas pendaftaran diterima Ketua Umum PSI, Grace Natalie (ISTIMEWA).
MENDAFTAR BACALEG: Dini Purwono SH LLM (kanan) saat mendaftar sebagai bakal calon anggota DPR RI di kantor Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Pusat, kemarin. Berkas pendaftaran diterima Ketua Umum PSI, Grace Natalie (ISTIMEWA).

MANTAN Menteri Keuangan Dr Chatib Basri memiliki penilaian khusus untuk Dini Purwono SH LLM, salah satu lawyers yang mendaftar sebagai bakal calon anggota DPR RI dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), pada Selasa (31/10) kemarin.  Didampingi sejumlah tokoh dan keluarganya, Dini mendaftar bersama dua lawyers ternama di Indonesia lainnya, yakni Dr Surya Tjandra dan Rian Ernest langsung ke kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI di Jakarta.

“Dini orang yang cerdas dan juga punya integritas,” kata Chatib Basri dalam rekaman video yang ditayangkan di kantor PSI Pusat.

Chatib Basri menjelaskan penilaiannya itu berdasarkan pengalaman melihat sendiri kinerja Dini.

Dini adakah staf khusus Chatib Basri saat menjabat Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) pada 2012-2013 dan berlanjut ketika ia menjadi Menteri Keuangan pada 2013-2014. Chatib Basri menilai Dini sebagai seorang yang profesional.

“Jika sesuatu hal menurut dia itu bertentangan atau salah atau peraturannya ada kesalahan dia akan menyampaikannya secara terbuka,” ujarnya.

Sikap seperti itu, lanjut Chatib Basri, sangat penting sehingga kualitas dari aturan atau pandangan dari aspek legal yang disampaikan itu betul-betul profesional.

Chatib Basri berkeyakinan Dini mampu menjadi legislator. “Sebab, dia punya integritas, punya idealisme, dia pintar juga jujur dan mudah-mudahan bisa menjadi politisi yang baik,” harapnya.

Karena itu, Chatib Basri, sangat menaruh harapan pada Dini. “Saya kira menjadi sangat penting bahwa orang-orang yang pintar jujur bisa masuk di dalam politik,” katanya.

Pada kesempatan yang berbeda, lawyers dan pegiat Hak Azasi Manusia (HAM) Todung Mulia Lubis juga berharap agar Dini lolos ke senayan. “Orang baik harus masuk ke politik, orang baik harus masuk ke DPR, karena DPR perlu diisi oleh orang-orang yang punya idealisme dan komitmen,” tegasnya.

Todung menyebut Dini memiliki idealisme dan punya komitmen serta memiliki konsep. “Dia akan mengisi kekosongan di DPR yang memang membutuhkan sosok seperti Dini Purwono yang akan membersihkan DPR dari ide-ide gagasan-gagasan yang tidak sehat buat bangsa ini,” katanya.

Todung mengatakan sangat mengenal sosok Dini. “Ia adalah orang yang mau belajar. Saya terakhir bersama-sama dengan Dini Purwono ketika membentuk forum advokat pengawal Pancasila,” ujarnya.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambut baik kehadiran Dini Purwono dalam barisan bakal calon legislatif yang bersih, antikorupsi, dan anti intoleransi.

Ketua Umum PSI, Grace Natalie, menyebutkan, karakter Dini memiliki kesesuaian dengan ideologi PSI. Dini juga mengaku cocok dengan visi dan misi PSI, sehingga ia merasa nyaman berpolitik di sini. Ia menilai PSI adalah partai yang bersahabat dan merakyat, sebab diisi oleh orang-orang biasa bukan elit politik.

Penilaian lain dari Dini adalah PSI ingin memutus mata rantai praktik politik kotor di Indonesia. “Kita sering membaca hal itu di media massa. Saya yakin PSI akan mendatangkan darah muda di dunia politik. Darah yang tak pernah terpapar praktik politik kotor,” kata Dini.

Menurut Dini, jika ingin mengubah keadaan, maka harus menempuh jalur politik. “Jika cuma mengeluh saja, maka tidak akan bisa mengubah keadaan. Kalau ada yang kurang dan salah, kita harus bertanggung jawab juga untuk mengambil langkah,” ujar Dini.

Menurut Dini, berpolitik dengan niat yang baik akan menjadikan politik sebagai alat yang menyejahterakan rakyat.

Lulusan Harvard

Dini adalah seorang lawyers yang banyak berkecimpung selama 20 tahun bidang pasar modal, merger, dan akuisisi. Lulus strata satu dari Universitas Indonesia, ibu satu anak ini memperoleh gelar master di bidang hukum keuangan internasional dari Harvard Law School (LLM, 2002) dengan dukungan beasiswa Fulbright Scholar.

Wilayah keahliannya adalah di bidang pasar modal, merger dan akuisisi. Dini pernah bertindak sebagai konsultan hukum untuk perusahaan Jepang, Marubeni, dalam akuisisi saham minoritas dua perusahaan pembiayaan konsumen yang tergabung dalam CT Corp Group. Ini adalah transaksi lintas-batas.

Dia juga pernah bertindak sebagai konsultan hukum untuk perusahaan milik negara, PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dalam proses tender pra-kelayakan proyek kereta api Bandara Soekarno Hatta-Manggarai. Proyek ini ditawarkan dengan skema public-private partnership atau kemitraan pemerintah-swasta.

Dini juga terdaftar sebagai konsultan hukum pasar modal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  –dahulu Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam LK)– serta menjadi anggota Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM). (aro/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here