Berdoa dan Makan Bersama di Makam

139
MERTI DESA: Wakil Wali Kota Salatiga Muh HAris disambut warga saat datang di makam Abdul Wahid yang berada di RW I Cabean, Senin (29/10) (IST).
MERTI DESA: Wakil Wali Kota Salatiga Muh HAris disambut warga saat datang di makam Abdul Wahid yang berada di RW I Cabean, Senin (29/10) (IST).

SALATIGA – Warga Cabean Kelurahan Mangunsari Kecamatan Sidomukti menggelar doa bersama untuk melakukan merti desa. Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama di makam Abdul Wahid yang berada di RW I Cabean, Senin (29/10).

Ketua RW I Cabean Didin Irwan menjelaskan, RW yang dipimpinnya memiliki dua lokasi permakaman yaitu, makam Abdul Wahid dan Makam Sentono Mulyo. “Untuk makam Abdul Wahid diperuntukkan bagi warga RT 1, 2,3, dan 5, Sedangkan makam Sentono Mulyo dipergunakan bagi warga RT 3, 4, 6, dan juga mengakomodir warga dari tetangga yaitu RW XIV,” terang Didin. Kegiatan bersih makam dilanjutkan dengan doa dan makan bersama ini rutin digelar tiap tahun.

Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris, Camat Sidomukti Yayat Nur Hayat, pejabat kelurahan, tokoh masyarakat tampak bergabung dengan warga untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Dalam kesempatan tersebut Haris memotong tumpeng yang diberikan kepada Trimarno, tokoh masyarakat setempat.

“Mertidesa yang diisi dengan ziarah kubur mengingatkan kita kepada orang yang telah wafat mendahului kita. Kepada orang yang telah meninggal, kita memiliki beberapa kewajiban, antara lain hanya mengingat kebaikan mereka sewaktu hidup. Nabi muhammad SAW pun melarang kita untuk membicarakan hal buruk orang yang telah meninggal,” beber Haris.

Haris juga mengharap masyarakat untuk jangan lupa mendoakan warga yang sudah meninggal, agar amal ibadahnya diterima oleh Allah. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah meneruskan perjuangan para pendahulu. (sas/ton)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here