HARUS KOMPAK : Para calon pengurus OSIS dilatih kekompakannya dalam memecahkan masalah melalui sebuah permainan yang menarik (DOK. SMK CITRA MEDIKA KOTA MAGELANG).
HARUS KOMPAK : Para calon pengurus OSIS dilatih kekompakannya dalam memecahkan masalah melalui sebuah permainan yang menarik (DOK. SMK CITRA MEDIKA KOTA MAGELANG).

MAGELANG – SMK Citra Medika Kota Magelang berharap siswanya membawa perubahan terhadap lingkungan sekitarnya, melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Mendukung kesiapan dan kemampuan berorganisasi, sekitar 21 siswa diikutkan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), di Bumi Perkembahan, Sigrowong, Kandangan, Kabupaten Temanggung, 28-29 Oktober lalu.

Kepala SMK Citra Medika, Kota Magelang, Hendratno Widhiatmanto mengatakan, OSIS memiliki tantangan besar di zaman sekarang. OSIS sebagai agent of change atau agen perubahan, harus memberikan warna baru, juga menyemangati generasi muda lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan sekolah dan dunia pendidikan, dengan ide-ide kreatif yang membangun.

“Kita berharap, generasi muda saat ini bisa membawa perubahan yang lebih baik dan memberi pengaruh positif kepada warga sekolah dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat,” kata Hendratno, kemarin.

Selain itu, OSIS sebagai wadah untuk menampung aspirasi warga sekolah, terutama tentang hal-hal yang bersifat euforia positif. Hal ini sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi sekolah, baik di bidang akademik maupun nonakademik.

“OSIS sebagai organisasi teladan yang bisa memberikan predikat terbaik di masyarakat. Selain itu juga bisa mengharumkan almamater sekolah dengan menorehkan  banyak prestasi. Sehingga Citra Medika semakin menggaung namanya,” tambahnya.

Ia menyebutkan, tujuan LDKS, untuk melatih jiwa kepemimpinan siswa sebagai pribadi yang mandiri, tangguh, cerdas dan memiliki kepedulian terhadap sekolah. Khususnya tentang kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah.

Sementara itu, pembina OSIS SMK Citra Medika Kota Magelang, Sri Haryani menjelaskan, LDKS diikuti siswa kelas X yang nantinya akan menjadi pengurus OSIS di periode baru, serta pengurus OSIS saat ini yang masih menjabat. Mereka adalah siswa kelas XI.

“Selama LDKS, siswa diberikan materi tentang pengelolaan organisasi, bagaimana membuat acara yang menarik, dan diadakan berbagai kegiatan untuk merekatkan antarsiswa calon pengurus OSIS,” jelasnya.

Peserta LDKS dari kelas X, Keperawatan 2, Muhamad Rifki Gani Apriyanto mengaku senang bisa mengikuti kegiatan tersebut. Apalagi, LDKS diadakan di alam terbuka, dan banyak kegiatan yang menyenangkan. “Kita bisa menyatu dengan alam. Dari LDKS ini, saya dilatih menjadi siswa yang kreatif, inovatif, mandiri dan tidak memiliki sifat saling menyalahkan teman,” tambahnya. (put/lis)