Kebumen Terbanyak Penderita HIV/AIDS

2224

KEBUMEN—Kabupaten Kebumen menempatkan jumlah penderita HIV/AIDS terbanyak di Jawa Tengah. Setidaknya, hal itu tergambar pada data semester pertama 2017 yang mencatat bahwa penderita HIV/AIDS di Kebumen, tertinggi se-Jateng dibandingkan kota/kabupaten lainnya.

“Jumlah temuan kasus HIV Kebumen semester pertama 2017 sebanyak 54 dan AIDS 78 kasus. Total temuan 132 dan menjadi peringkat pertama di Jawa Tengah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Rini Kristiani, Senin (30/10) saat audiensi Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Provinsi Jateng. Kecamatan Kebumen terbanyak menyumbang angka penderita HIV-AIDS, dengan 95 penderita, disusul Puring (58 orang) dan Petanahan 56 penderita.

Rincian temuan kasus HIV-AIDS di Jateng, berturut-turut:  Kebumen 132 kasus, Brebes (100),  Kabupaten Semarang (95),  Batang (90), dan Sragen 86 kasus. Rini menyampaikan, kondisi tersebut bukan semata-mata karena tingginya kasus HIV AIDS. Tapi  kinerja Tim KPA Kebumen yang maksimal.

“Jumlah temuan tersebut memang tertinggi. Tapi, itu tidak terlepas karena Kebumen memiliki 42 sarana tes VCT, yaitu 6 rumah sakit, 1 UP3 dan 35 Puskesmas. Jika mau posisi turun mudah, 42 sarana tes VCT dinonaktifkan, pasti langsung turun,” ucapnya.

Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfud mengaku prihatin atas kondisi yang menempatkan Kebumen pada posisi tertinggi kasus temuan HIV-AIDS.  Namun,  pada sisi lain, Yazid mengapresiasi kinerja KPA yang telah bekerja  maksimal untuk menemukan orang dengan HIV-AIDS (ODHA). (jpg/isk)