91 Tim Ikut Ambil Bagian

593
BAKAL MERIAH: Panitia serta perwakilan Dinpora Kota Semarang dan Perbasi Kota Semarang memaparkan kesiapan gelaran Wali Kota Cup 2017 kemarin (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
BAKAL MERIAH: Panitia serta perwakilan Dinpora Kota Semarang dan Perbasi Kota Semarang memaparkan kesiapan gelaran Wali Kota Cup 2017 kemarin (BASKORO SEPTIADI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Sebanyak 91 tim basket sekolah mulai dari SD, SMP, dan SMA bakal turun di ajang kejuaraan basket Wali Kota Cup 2017. Kejuaraan tersebut akan digelar di GOR Sahabat Semarang, babak pertama 4-8 November dan babak kedua 15-18 November.

Khusus untuk jenjang SMA, baik kelompok putra maupun putri, dibagi dua, yakni divisi 1 dan 2. Divisi 1diisi oleh tim-tim SMA yang selama ini mempunyai catatan prestasi yang tinggi. Nama-nama tim papan atas dari sekolah seperti Tri Tunggal, Karangturi, Theresiana 1, dan SMA 14 menempati Divisi 1.

Pembagian divisi ini dimaksudkan untuk menambah ramai dan memeratakan persaingan, sehingga sekolah yang kurang bagus prestasi basketnya bisa bertemu dengan tim yang sepadan. Adapun Divisi 2 diisi oleh tim SMA level di bawahnya.

Ketua panitia turnamen Bambang Budiono menyatakan, pembagian divisi bukan untuk membeda-bedakan.”Justru kami ingin agar sekolah yang di level bawah bisa bersaing dengan tim yang setara, sehingga motivasi mereka semakin besar dan semangat bertanding tinggi, karena ada promosi dan degradasi,” tandas Bambang.

Pihaknya membatasi jumlah tim yang ikut dalam kejuaraan ini. Antusiasme sekolah mengikuti Wali Kota Cup 2017 ini sangat besar. Mau tidak mau, pihaknya membatasi mengingat waktu yang tersedia. Di sisi lain, dibagi menjadi dua babak, agar tim yang lolos ke babak berikutnya bisa mempersiapkan diri lebih baik.

Ketua Umum Pengkot Perbasi Semarang Nelwan Hendarto mengatakan, Wali Kota Cup ini sebagai bentuk pembinaan bola basket di semua level, mulai dari SD hingga SMA. ”Perkembangan olahraga ini di Semarang semakin bagus. Sebagai induk organisasi, kami wajib memberikan wadah bagi pelajar untuk berkompetisi,” tandas Nelwan.

Sementara Kepala Dinpora, Gurun Risyadmoko ditempat yang sama menambahkan, Pemerintah Kota Semarang akan mendukung penuh setiap kegiatan memajukan olahraga seperti ajang Wali Kota Cup 2017.  

“Termasuk untuk anggaran tentu kami akan mendukung penuh. Yang jelas Pemerintah Kota Semarang akan mendukung penuh setiap kegiatan olahraga apalagi tujuannya untuk pembinaan prestasi,” tegas Gurun. (bas)