JALAN SEHAT: Ketua DPC Partai Gerindra Kendal, Mifta Reza NP (tengah) bersama Ketua KPU Kendal Wahidin Said (kanan) saat jalan sehat gerakan sadar pemilu di Kendal, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
JALAN SEHAT: Ketua DPC Partai Gerindra Kendal, Mifta Reza NP (tengah) bersama Ketua KPU Kendal Wahidin Said (kanan) saat jalan sehat gerakan sadar pemilu di Kendal, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Banyak hal bisa dilakukan untuk menyadarkan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam Pemilu. Seperti yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kendal dengan program jalan sehat Pencanangan Gerakan Sadar Pemilu.

Jalan sehat dimulai dari halaman Poskota Kendal menuju Jalan Laut Kelurahan Bandengan kemudian memutar dan berakhir di halaman Pasar Kendal Perami. Selain kampanye jalan sehat Gerakan Sadar Pemilu, juga digelar penandatanganan Gerakan Sadar Pemilu diwakili beberapa elemen masyarakat, yaitu perwakilan pelajar, mahasiswa, ormas agama, organisasi wanita, kaum disabilitas dan kaum marginal, serta Pemkab Kendal.

Start Jalan Sehat yang dibuka oleh Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur. Jalan Sehat juga diikuti sekitar dua ratus warga bersama Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kendal Prapto Utono. “Pencanangan Gerakan Sadar Pemilu dilakukan serentak di Jawa Tengah untuk menyongsong Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 27 Juni 2018,” kata Ketua KPU Kendal, Wahidin Saidm, kemarin.

Dengan adanya Gerakan Sadar Pemilu diharapkan dapat membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pemilu. “Partisipasi masyarakat itu penting, karena legitimasi pemimpin yang terpilih ditentukan oleh para pemilih. Dalam hal ini kekuasaan penuh ada ditangan rakyat,” katanya.

Wahidin mengatakan, menyongsong Pilgub Jateng 2018, KPU telah melakukan tahapan pelaksanaan Pilgub. Di antaranya pendataan data pemilih, sosialisasi persyaratan calon perseorangan, termasuk acara pencanangan Gerakan Sadar Pemilu.

“Selain sosialisasi Pilgub, juga sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019. Karena ini jaraknya terpaut tidak jauh. Jadi kami harapkan kesadaran masyarakat untuk bisa ikut pemilu. Sebab pemimpin ditentukan oleh masyarakat,” tambahnya.

Ketua DPC Partai Gerindra Kendal, Mifta Reza Noto Prayitno yang mengikuti gerakan jalan sehat mengatakan pihaknya akan ikut membantu KPU ntuk berperan aktif dalam Pilgub Jateng. Salah satunya melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui kader-kader maupun pengurus-pengurus ranting di 20 kecamatan.

Perihal calon gubernur dari Partai Gerindra, diakuinya dari partainya sampai saat ini belum menentukan siapa calonnya. Adapun beberapa bakal calon yang sudah muncul yakni Sudirman Said Mantan Menteri ESDM. Selain itu Ferry Juliantono, Wakil Ketua DPP Partai Gerindra.

“Calon gubernur nanti ditentukan oleh DPP Gerindra, dari daerah hanya menguslukan saja. Untuk koalisi parpol juga belum terbentuk. Tapi kalau sebatas komunikasi dengan parpol lain sudah kami lalukan,” tambahnya. (bud/ida)