MAJT Gandeng NASA Amerika Serikat

299
DIKEBUT : Para pekerja memperbaiki paying elektrik di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), kemarin (Jon wahid/jawa pos radar semarang).
DIKEBUT : Para pekerja memperbaiki paying elektrik di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), kemarin (Jon wahid/jawa pos radar semarang).

SEMARANG–Tim Hisab Rukyah (THR) Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) bersama Tim Observasi Bulan (TOB) Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, dan CSS MoRA bekerjasama dengan National Aeronautics and Space Administration (NASA) Amerika Serikat segera melakukan observasi bulan internasional.

Observasi Bulan Internasional yang lebih dikenal dengan International Observation of Moon Night (InOMN) 2017 ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh NASA AS setiap tahun. Hal itu dilakukan, dalam rangka sosialisasi perubahan fase bulan yang berhubungan erat dengan kehidupan manusia.

“Salah satu kegunaan observasi bulan adalah untuk mengetahui perubahan fase bulan dari waktu ke waktu yang berhubungan dengan beberapa fenomena alam, salah satunya pasang surut air laut dan waktu-waktu terbaik menangkap ikan bagi para pelaut atau nelayan,” ungkap ketua panitia, Thoyfur.

Di Indonesia, terdapat beberapa titik yang telah terdaftar di NASA sebagai pos observasi, dari Sabang sampai Merauke. Secara khusus, di wilayah Jawa Tengah, MAJT Semarang menjadi pusat kegiatan observasi bulan InOMN tahun 2017.

Kegiataan InOMN ini terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi diskusi dan observasi bulan. Pada sesi diskusi akan dipaparkan fase bulan dan trik jitu dalam observasi bulan dengan metode astropotografi. Setelah sesi diskusi, akan dilanjutkan dengan observasi bulan dengan menggunakan teleskop robotik dan beberapa alat observasi bulan lainnya.

“Lewat InOMN ini, NASA mengajak kalangan astronom amatir maupun para pegiat Ilmu Falak agar lebih memahami bulan sebagai satu-satunya satelit yang dimiliki bumi. Patut dibanggakan oleh Semarang, khususnya MAJT, menjadi salah satu pusat observasi bulan internasional yang telah diakui oleh NASA,” tutur Ketua Asosiasi Dosen Falak Indonesia, Ahmad Izzudin.

Nantinya ia mengisi sesi diskusi sebagai keynote speech dalam seminar ini. Momentum spesial ini seyogyanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Jawa Tengah khususnya Semarang, untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan InOMN 2017 yang diadakan oleh Komunitas Astronomi dan Ilmu Falak di Semarang. (tsa/ida)

3 KOMENTAR

  1. maaf ya untuk editor tolong jangan menghilangkan kalimat yg sudah kami buat.

    Kami kerjasama dengan pihak pihak lain tolong hargai dr pihak pihak yg lain.

    Saya kompalin dengan masalah ini.

    Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here