Jebol Plafon, Gasak Toko

392

SALATIGA – Polres Salatiga berhasil membekuk pelaku pencurian di toko selular Orchid Cell yang berada di Jalan Muh Yamin, bulan Juni silam. Dalam kejadian itu, beberapa unit telepon genggam dan perhiasan hilang.

Pelaku yang dibekuk bernama Ryan IM, 26, warga Pungkursari, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan celana panjang jeans, gunting, CCTV, handuk, dan kaca hitam.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, kejadian bermula saat korban Yosi Agung Kurniawan tengah mengantar istrinya ke rumah mertuanya sekitar pukul 21.30 WIB. Selang dua jam, korban pulang ke rumah sekaligus tempat usahanya itu. Namun saat itu didapati plafon toko telah rusak. Saat dicek lebih teliti, beberapa barang dagangan berupa telepon genggam dan perhiasan istrinya dengan total kerugian sekitar Rp 8 juta sudah raib.

Korban kemudian melaporkan kejadian yang dialaminya ke Mapolres Salatiga. Polisi yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Achmad Sugeng kemudian melakukan penyelidikan. Hasilnya, beberapa petunjuk mengarah ke pelaku. Akhirnya setelah mendapatkan bukti kuat, polisi berhasil mendapati pelaku dan menangkapnya.

Dari pemeriksaan, pelaku mengaku bekerja sama dengan temannya saat melakukan aksinya. Polisi juga masih memburu rekan pelaku untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya. “Naik plafon dan hasilnya saya jual ke teman,” terang Ryan kepada petugas di aula Mapolres Salatiga, Jumat (27/10).

Kapolres Salatiga AKBP Yimmy Kurniawan menjelaskan, pelaku sudah beberapa kali masuk penjara. Kini ia akan dijerat dengan pasal 363 KUHP mengenai pencurian dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (sas/ton)