40 Pengguna Narkoba Direhabilitasi

529
NARASUMBER: Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo saat menyampaikan materi bahaya narkoba dalam Seminar Pemuda Lawan Narkoba di Pendopo Pengayoman, Kamis (26/10) (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU).
NARASUMBER: Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo saat menyampaikan materi bahaya narkoba dalam Seminar Pemuda Lawan Narkoba di Pendopo Pengayoman, Kamis (26/10) (AHSAN FAUZI/RADAR KEDU).

TEMANGGUNG—Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Temanggung selama 2017 telah merehabilitasi 40 orang pecandu narkoba. Mereka dengan sukarela, melaporkan diri ke BNNK Temanggung dan kini menjlani rehabilitasi di RSUD Temanggung dan RS Gunung Sawo.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Temanggung Sonny Hendrawan saat menjadi pembicara pada seminar bertema: “Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Satukan Tekad Pemuda Kuat tanpa Narkoba” di Pendopo Pengayoman, Kamis (26/10) lalu. Seminar yang digelar DPD KNPI Temanggung diikuti ratusan pelajar SMA/SMK/MA dan Organisasi Kepemudaan (OKP).

Sonny menyampaikan, siapapun pengguna narkoba yang secara sukarela melapor diri, tidak dikenai sanksi. “Sebaliknya, akan kita rehabilitasi dan biaya sepenuhnya ditanggung oleh negara melalui BNN. Itu merupakan amanat UU,” kata Sonny.

Pembicara lainnya, Kapolres Temanggung AKBP Maesa Soegriwo menuturkan, selama kurun waktu delapan bulan (2017), Satuan Resnarkoba Polres Temanggung telah mengungkap 19 kasus penyalahgunaan narkoba. Dari jumlah itu, tersangkanya 21 orang. Barang buktinya, antara lain, sabu 91,56 gram, putauw 21,25 gram, riklona 15 butir, opizolam 5 butir dan hexymer 490 butir.

“Saya minta kepada kalian, jangan sampai coba-coba dengan narkoba apapun jenisnya. Narkoba sedikitpun tidak ada manfaat dan akan merusak cita-cata atau masa depan kalian,” pinta Maesa di hadapan ratusan pelajar dan mahasiswa.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Temanggung Muhammad Masthur menuturkan, tantangan pemuda ke depan semakin berat. Menurutnya, salah satu ancaman yang cukup serius bangsa ini adalah penyalahgunaan narkoba.

“DPD KNPI Temanggung turut terpanggil dan merasa punya tanggung jawab untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar, mahasiswa, dan pemuda pada umumnya. Dengan kegiatan ini, setidaknya sebagai benteng agar generasi muda Temanggung terhindar dari bahaya narkoba.” (san/isk)