255 PTS, Hanya 3 Terakreditasi A

429

SALATIGA – Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menjadi tuan rumah kegiatan Musyawarah Wilayah Paguyuban Pimpinan Bidang Akademik Perguruan Tinggi Swasta (PPBA – PTS) se-Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah, Jumat (27/10). Perwakilan dari 102 perguruan tinggi mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Balairung UKSW ini. Turut menghadiri acara ini adalah Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dr DYP Sugiharto dan Rektor UKSW Prof John A Titaley.

Dalam sambutannya, Sugiharto menyambut baik kegiatan PPBA – PTS dan berharap ke depan akan semakin banyak perguruan tinggi swasta yang tergabung dalam paguyuban ini. Salah satu hal yang disinggung Koordinator Kopertis VI adalah strategi percepatan dan peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT).

Saat ini di Jawa Tengah ada 255 perguruan tinggi swasta. “Dari jumlah itu, ada 3 yang sudah terakreditasi A, 37 terakreditasi B dan 27 terakreditasi dan terakreditasi minimal gandeng dengan izin prodi sebanyak 188. Karena itulah hal ini, strategi percepatan akreditasi menjadi isu yang strategis,” lanjut Sugiharto.

Kegiatan PPBA – PTS diisi dengan Workshop Akreditasi Perguruan Tinggi Strategi Persiapan dan Peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dengan narasumber Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Kemenristekdikti Totok Prasetyo.

Dalam paparannya, Totok menyampaikan tentang kriteria sukses APT dan juga masalah akreditasi yang harus dituntaskan. Kunci sukses APT ada pada yayasan yang harus pandai memilih pimpinan. Sedikitnya sepuluh kriteria dipenuhi antara lain cerdas, kreatif, normatif, tangguh, aspiratif, memiliki keteladanan.

“Hal lain adalah komitmen semua pihak untuk maju hanya bisa didorong apabila pemimpin amanah dan juga memiliki sistem yang terintegrasi dengan baik,” paparnya. (sas)