Siswa SMK Kesehatan Harus Terampil

574
SEMANGAT : Siswa kelas X Kompetensi Keperawatan SMK Citra Medika Kota Magelang berfoto bersama sebelum memulai kunjungan instalasi ke RSI Sultan Agung Semarang, kemarin (IST)
SEMANGAT : Siswa kelas X Kompetensi Keperawatan SMK Citra Medika Kota Magelang berfoto bersama sebelum memulai kunjungan instalasi ke RSI Sultan Agung Semarang, kemarin (IST)

MAGELANG – SMK Citra Medika Kota Magelang membekali siswa kelas X Kompetensi Keperawatan dengan pengetahuan dan keterampilan. Untuk meningkatkan kemampuan itu, pihak sekolah mengajak 108 siswanya melihat langsung pelayanan di RSI Sultan Agung Semarang, Kamis (26/10).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri Sri Nuryanto berharap, kunjungan instalasi ini bisa menambah wawasan siswa tentang rumah sakit secara menyeluruh. Baik dari sisi pelayanan, tugas-tugas perawat, hingga manajemennya.

“Mereka bisa melihat langsung situasi bangsal rawat inap, bangsal bedah unit, bangsal penyakit dalam dan sebagainya. Sehingga saat siswa diterjunkan praktik kerja lapangan (PKL), mereka sudah siap,” katanya saat di temui di kantornya, kemarin.

Ia menyadari, keterampilan siswa tidak bisa didapatkan secara instan. Karenanya, diperlukan program-program untuk mendukung tercapainya tujuan itu. Baik praktik yang dilakukan di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, seperti praktik tanda-tanda vital (TTV), memandikan pasien, cek golongan darah, cek tensi, cek gula darah dan sebagainya. Pihak sekolah juga kerap mengadakan bhakti sosial, yang di dalamnya ada kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum.

“Lulusan SMK Citra Medika adalah calon asisten tenaga kesehatan (asnakes) dan sudah siap kerja, mereka harus dibekali keterampilan sejak kelas X, agar semakin terampil dan cekatan khsususnya dalam melayani pasien,” ujarnya.

Nur mengaku, kunjungan instalasi rumah sakit merupakan salah satu program untuk menyinkronkan teori dan kegiatan praktik yang selama ini didapatkan siswa di sekolah dengan di lapangan. Kunjungan ini sekaligus untuk membangun relasi kerjasama antara pihaknya dengan rumah sakit untuk menyalurkan lulusannya.

Kepala SMK Citra Medika Kota Magelang Hendratno Widhiatmanto menambahkan, setelah kunjungan ini, siswa diminta membuat laporan kunjungan. Selama proses pembuatan laporan, siswa dipandu oleh guru-guru kejuruan dan Kompetensi Keperawatan. (put/sct/ton)