POTONG TUMPENG: Kepala SMAN 2 Kendal, Yuniasih memotong tumpeng untuk diberikan kepada Ketua Osis SMAN 2 Kendal.
POTONG TUMPENG: Kepala SMAN 2 Kendal, Yuniasih memotong tumpeng untuk diberikan kepada Ketua Osis SMAN 2 Kendal.

HARI Ulang Tahun (HUT) SMAN 2 (Smanda) Kendal berlangsung dalam suasana kesederhanaan. Meski begitu banyak kegiatan yang membangun dan memupuk kreativitas siswa untuk menyambut hari jadi Smanda ke-21.

Kepala SMAN 2 Kendal, Yuniasih SPd MPd mengatakan jika selama dua tahun kepemimpinya telah banyak prestasi yang telah diraihnya. Setidaknya ada 74 prestasi siswa, mulai dari Kabupaten sampai tingkat Nasional. “Salah satu prestasi siwa yang baru diraih yakni Juara Favorit Film Pendek tingkat nasional 2017,” katanya, kemarin (26/10).

Dalam bidang akademik, tim olimpiade Biologi berhasil lolos seleksi tingkat Nasional. Sedangkan untuk UN 2016/2017 lulus 100 persen. “Selain siswa, guru kami juga ada yang berprestasi. Yakni atas nama Agus Dwi Basuki sebagai guru berprestasi dalam bidang penciptaan media pembelajaran sebagai finalis tingkat Nasional,” jelasnya.

Bahkan ia sendiri sebagai Kepala Sekolah juga turut menyumbangkan prestasi sebagai kepala sekolah berprestasi 2 tingkat provinsi tahun ini. Sedangkan untuk prestasi sekolah saat ini Smanda sudah terakreditasi A, Sekolah Kategori Mandiri dan Sekolah Bebas Narkoba, Sekolah Bersih. 

“Dan yang selalu kami kampanyekan serta kami gerakkan adalah kami juara sebagai Sekolah Adiwiyata tingakt Provinsi. Dan saat ini kami tengah mempersiapkan untuk penilaian tingkat nasional dengan terus mengajak seluruh masyarakat sekolah untuk  menghijaukan dan mempercantik sekolah,” tandasnya.

Dari banyaknya prestasi itu, ia memberanikan diri dengan memproklamirkan sekolah dengan segudang prestasi. Terutama dalam hal lingkungan, dimana diberlakukan pembiasaan aksi peduli lingkungan. Upaya tersebut dilakukan dengan kegiatan Gerakan Penanaman 1000 pohon di lingkungan skeolah dan SMP Binaan  di sekitar Kendal. Penanaman pohon juga dilakukan di sekitar Panti Kuta Bali dan Obyek Wisata Puncak Bacici, Jogyakarta. 

Untuk Kegiatan HUT Semanda telah dilakukan sejak Senin (23/10) lalu dengan kegitan Donor Darah, Seminar Berbasis Lingkungan dan Sekolah Adiwiyata. Selain itu kami gelar Bakti Sosial serta Festival Java Movie. Kegiatan Berlanjut Selasa (24/10) dengan menggelar beraneka macam lomba yang melibatkan 1008 siswa di 30 rombongan belajar. 

Masih pada helatan HUT Smanda, Rabu (25/10) digelar senam pagi ceria dan Jalan-jalan Sehat (JJS) yang melibatkan seluruh masyarakat sekolah, mulai dari guru, karyawan, siswa sampai penjual kantin. Selain itu juga akan pemberian santunan kepada Anak-anak yatim piatu dan orang kurang mampu yang rencananya digelar Jumat (27/10) ini.

“Disela kegiatan JJS kami lakukan kegiatan Pungut dan Pilah Sampah di sepanjang jalan, sehingga tidak hanya sekolah yang bersih, tapi juga lingkungan sekitar sekolah juga ikut bersih. Ini adalah bakti sekolah untuk lingkungan,” tandasnya.

Untuk Puncak kegiatan HUT Smanda dilakukan kemarin dengan menggelar berbagai kreativitas siswa dan ekstra kulikuler. Dengan tujuan untuk memacu kreativitas dan mengapresiasi kegiatan dan penampilan siswa,” tambahnya. (bud/bas)