Wali Kota Sigit Terima Anugerah Pancawara

352

MAGELANG— Anugerah Pancawara akan diterima oleh Pemkot Magelang untuk prestasi Pasar Rejowinangun. Tepatnya, untuk kategori pasar dengan jumlah pedagang di atas 500 orang Penghargaan yang dimaksud merupakan inisiasi dari Yayasan Danamon Peduli, bekerja sama dengan Majalah Ekonomi SWA.

Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita rencananya, hari ini (26/10) akan menyerahkan penghargaan tersebut  kepada Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito di Jakarta. Rencana penyerahan penghargaan disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Joko Budiyono. Joko menyampaikan, penghargaan tersebut diberikan kepada pengelola pasar rakyat, baik pemerintah daerah, BUMD, maupun swasta yang berhasil mengelola, mengembangkan, dan melakukan inovasi untuk kemajuan pasar rakyat di Indonesia. “Pasar Rejowinangun Kota Magelang mendapatkan nilai plus dalam bidang inovasi.”

Empat pasar lain yang turut dinilai adalah Pasar Flamboyan (Pontianak), Pasar Aceh (Banda Aceh), Pasar Kliwon (Kudus), dan Pasar Tayu (Pati).

Inovasi yang diterapkan oleh Pasar Rejowinangun,  antara lain, konsep pasar semi modern dengan berbagai fasilitas. Seperti tempat penitipan anak, layanan kesehatan, papan harga sembako, dan ruang laktasi. “Dari segi keamanan sendiri, kami telah memasang kamera pengintai atau CCTV dan petugas yang akan standby selama 24 jam. Juga  keberadaan foodcourt di ujung pasar. (put/isk)