Pangkat Dua ASN Dikembalikan

368

TEGAL-Pangkat dua Aparatur Sipil Negara (ASN) Ahmad Rofii dan Atik Apriyanti yang sebelumnya mendapat hukuman disiplin berupa penurunan pangkat satu tingkat lebih rendah oleh wali kota terdahulu, akhirnya dikembalikan. Pengembalian pangkat Rofii dan Atik sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Tegal yang diteken Plt Wali Kota Tegal Nursholeh.

SK tersebut sudah diserahkan kepada yang bersangkutan melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D), Selasa (24/10) kemarin. “Penghentian hukuman disiplin ini mempertimbangkan aspek sosiologis dan fakta empiris tentang keputusan PTUN yang telah inkrah,” kata Kepala BP4D Irkar Yuswan Apendi.

Sesuai SK Wali Kota Tegal Nomor 862/072.K/2017 tentang Penghentian Hukuman Disiplin, Rofii yang semula diturunkan pangkatnya menjadi Penata/III C dikembalikan Penata Tingkat I/III D. Sesuai SK Wali Kota Tegal Nomor 862/073.K/2017 tentang Penghentian Hukuman Disiplin, Atik yang semula diturunkan pangkatnya menjadi Pengatur/II C dikembalikan Pengatur Tingkat I/II D.

Rofii kini berdinas di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, sedang Atik di Kecamatan Tegal Selatan. Selain dikembalikan pangkatnya, kedua ASN tersebut kembali mendapatkan hak-haknya sesuai pangkat, per 1 November mendatang. Rofii yang sebelumnya menerima gaji pokok Rp 3,6 juta, kembali menerima Rp 3,7 juta. Atik yang sebelumnya Rp 2,8 juta, kembali menerima Rp2,9 juta.

Terpisah, Rofii yang sekarang menjabat Kepala Seksi Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan mengenang, hukuman disiplin dijatuhkan wali kota terdahulu karena dirinya mengkritik tata kelola pemerintahan yang dianggapnya tidak benar. “Saat itu saya pasrah, karena melawan orang arogan tidak akan bisa,” ujar Rofii.

Sementara itu, Atik berpendapat ini semacam rehabilitasi dan belum menaikkan pangkat sesuai haknya. Ketika diturunkan pangkatnya, Atik menyebut sudah mengajukan berkas untuk naik pangkat Penata Muda/III A ke BP4D. “Jadi yang sempat mereka lakukan ke nasib saya adalah ceroboh,” ungkap perempuan yang juga pencipta sejumlah lagu Tegalan ini. (nam/ela/jpg/ida)