23 Tim Berebut 10 Tiket

386

SEMARANG – Sebanyak 23 tim futsal yang mewakili daerah di Jawa Tengah akan bertanding memperebutkan 10 tiket lolos Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XV 2018 dalam kualifikasi yang akan diadakan di GOR Gelora Bumi Kartini Jepara, 24-26 November mendatang.

Koordinator Bidang Kompetisi dan Kejuaraan AFP Jateng, Tauriq Farhan mengatakan 23 tim ini telah dibagi dalam enam grup yang akan memainkan laga dengan sistem setengah kompetisi.”Kami semaksimal mungkin menyelenggarakan kualifikasi Porprov 2018 cabor futsal ini secara adil sejak pendaftaran peserta dan membuka pendaftaran tuan rumah. Jumlah tim yang terdaftar hanya 23 tim futsal daerah dan di bawah 24 tim membuat kami hanya akan menyelenggarakan event ini di satu tempat. Kebetulan Jepara satu-satunya tim yang menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah dan kami sudah nilai layak untuk menyelenggarakan kualifikasi ini,” kata Tauriq.

Nantinya lima juara grup dan empat runner up terbaik akan lolos otomatis ke Porprov 2018 mendampingi tuan rumah Solo dan juara bertahan Sukoharjo. Dalam penentuan kelolosan AFP Jateng mengadopsi peraturan futsal yang diterapkan dalam SEA Games Kuala Lumpur lalu.

Tauriq menerangkan jika ada tim yang memiliki poin sama untuk menentukan kelolosan selain pertaa dilihat selisih gol, lalu agresifitas gol, dan kebobolan, selanjutnya akan dilihat tim mana yang paling minim mendapatkan kartu. Hal itu diterapkan jika poin dan tiga aspek mengenai catatan gol dua atau lebih tim memiliki nilai yang sama.

”Jadi kami mengedepankan sisi fairplay dalam ajang ini. Semakin ti itu minim kartu kuning dan merah tentu dia bisa unggul dari lawan-lawannya jika poin dan gol yang dikumpulkan sama dalam kualifikasi nanti,” lanjutnya.

Sementara itu terkait persiapan tuan rumah, Jepara sudah hampir 100 persen siap menggelar pertandingan. Manajer tim futsal Jepara, M Nu’man mengatakan persiapan tinggal memperbaiki tempat duduk ofisial dan pemain di pinggir lapangan serta soal fasilitas ruang ganti.”Lapangan di Jepara standar Nasional dan sudah dilapisi interlock. Kami siap menyelenggarakan dan siap berprestasi di ajang ini,” kata Nu’man. (bas)