Oktober, Batas Akhir Tol Tunai

439
SOSIALISASI - Bank Indonesia perwakilan Tegal saat bertemu dengan awak media terkait sosialisasi e-toll, Minggu (22/10) (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang).
SOSIALISASI - Bank Indonesia perwakilan Tegal saat bertemu dengan awak media terkait sosialisasi e-toll, Minggu (22/10) (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang).

TEGAL – Pembayaran tol secara tunai otomatis akan berakhir pada akhir bulan Oktober 2017 ini. Kemudian pembayaran tol, resmi diganti secara elektronik atau e-toll. Aturan ini berlaku di seluruh jalur tol di Indonesia, termasuk di pintu Tol Pejagan dan Brebes Timur, Jawa Tengah.

“Kami diperintahkan untuk terus sosialisasi, bahwa nanti pada 29 Oktober 2017, pembayaran tarif tol di jalur tol Kanci-Pemalang-Pejagan tak lagi menggunakan uang tunai, tapi dengan e-toll,” ucap Kepala Unit Pengawasan Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah dan Keuangan Inklusif (UPSPPURKI) Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal Jawa Tengah Sutardi saat sosialisasi bersama awak media di pantura, Minggu (22/10).

Ditambahkan, dengan adanya peraturan tersebut pihaknya mulai kini melakukan berbagai langkah. Bekerjasama dengan Badan Usaha Badan Jalan Tol (BUJ1), BI sudah mendistribusikan kartu e-toll untuk mempermudah pembayaran. “Mulai saat ini warga yang akan melintas tol bisa mendapatkan e-toll di gerbang sebelum memasuki tol,” ucapnya.

Menurut Sutardi, pendistribusian ini sebagai komitmen agar masyarakat bertransisi dari perilaku tunai menjadi nontunai. Selain di depan pintu tol, warga juga bisa mendapatkan e-toll di beberapa bank rekanan. Yaitu BNI, Mandiri, BRI, BTN, dan BCA.

Bagi yang membeli, kartu e-toll bisa didapatkan dengan harga murah. Satu kartu dijual harga Rp 50 ribu dengan isi saldo dalam kartu tersebut Rp 50 ribu.

“Saat ini masih ada promo program tanpa administrasi. Biasanya kan kalau beli kartu dengan harga Rp 50 ribu, saldonya Rp 30 ribu karena Rp 20 ribunya harga kartu,” ujar Sukardi.

Ditambahkanya, saat ini jalur tol Pejagan-Pemalang dilintasi 2.000 hingga 2.500 kendaraan per hari. Bahkan saat hari libur, volume kendaraan bisa lebih besar. Namun pihaknya belum bisa mengkalkulasi total kebutuhan kartu e-toll di pantura. (han/ton)