Ferry: Pembangunan di Jateng Stagnan

459
Ferry Juliantono (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU).
Ferry Juliantono (AGUS HADIANTO/JAWA POS RADAR KEDU).

MAGELANG – Bakal Calon Gubernur dari aprtai Gerindra Ferry Juliantoro menilai kemajuan provinsi Jawa Tengah jika dibandingkan dengan provinsi lain di Jawa terlihat stagnan atau jalan di tempat. Hal ini terlihat dari belum meratanya pembangunan di Jateng dan terkesan hanya di beberapa kota besar saja.

“Fokus pembangunan dan infrastruktur hanya terpusat di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal, dan Demak saja. Itupun belum sepenuhnya memiliki infrastruktur yang memadai. Contoh pelabuhan dan bandara udara, masih itu-itu saja,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini di sela-sela silaturahmi dengan warga dan kader Partai Gerindra di kantor DPC Partai Gerindra Kota Magelang, Minggu (22/10).

Ferry menjelaskan, Jateng menjadi daerah dengan angka kemiskinan tertinggi dibandingkan provinsi lainnya di Pulau Jawa. Bahkan menurut Ferry, kesenjangan kualitas juga sangat jelas terlihat jika dibandingkan dengan Jawa Barat ataupun Jawa Timur.

“Lihat saja APBD-nya, dibandingkan Jabar dan Jatim, Jateng paling kecil, pembangunan paling kecil, infrastruktur juga demikian. Padahal Jateng punya potensi yang sangat besar,” kata Ferry.

Menurut Ferry, Jawa Tengah butuh upaya penyelamatan. Khusus terkait pengentasan kemiskinan, ia mengusung konsep adanya pemberdayaan masyarakat mulai dari tingkatan terkecil atau akar rumput

Ferry mengaku dirinya merasa terpanggil untuk ikut masuk ke bursa Pilgub Jateng karena prihatin dengan keadaan Jateng saat ini. Jateng merupakan provinsi yang kaya, tetapi pembangunannya masih lembek. Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan antara daerah di utara dan selatan.

Di internal Partai Gerindra, Ferry bukan menjadi satu-satunya bakal calon. “Ada tiga nama lain, di antaranya Abdul Wachid, Rahayu Saraswati, dan Sudirman Said. Dalam waktu dekat (rekomendasi) akan turun. Mekanisme penentuan calon yang diusung berdasarkan survei,” jelas Ferry.

Pada Pilgub 2018, Partai Gerindra berupaya menjalin koalisi dengan partai lain. Sejumlah partai yang bersedia bergabung, kata Ferry, di antaranya Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Amanat Nasional. “Mudah-mudahan juga Partai Demokrat. Saya juga ingin mengajak Partai Kebangkitan Bangsa dan mungkin Partai Golkar,” tandas Ferry.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Magelang Nella Karnella menyatakan akan mendukung siapapun yang mendapat restu dari Ketua Umum DPP Partai Gerindra nantinya.”Kami pun siap mendukung siapapun nanti yang mendapat rekomendasi dalam Pilgub Jawa Tengah. Kami siap memenangkan Pak Ferry jika nanti rekomendasi jatuh kepadanya,” kata Ketua Komisi B DPRD Kota Magelang tersebut. (cr3/ton)