Suka Baca Buku Bung Hatta

141
BOOK LOVERS : Buku-buku tokoh nasional dan buku pengetahuan banyak dikoleksi baik di rumah maupun di kantor (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG).
BOOK LOVERS : Buku-buku tokoh nasional dan buku pengetahuan banyak dikoleksi baik di rumah maupun di kantor (NUR CHAMIM/JAWA POS RADAR SEMARANG).

HOBI membaca buku atau book lovers bagi Iswandi, sudah sejak kecil. Kalau dulu, belum bekerja masih minta uang orang tua, tak bisa membeli buku sesuka hati. Baca bukunya lebih banyak di perpustakaan dan toko buku. “Dulu pernah ke toko buku, tidak hendak membeli, tapi ingin membaca buku saja,” kenangnya sedikit malu.

Namun setelah memiliki penghasilan sendiri, hobi membaca buku benar-benar tersalurkan. Setiap pulang habis kerja, selalu beli buku. Bahkan, menarget, setiap bulan beli 10 buku. “Karena saya suka buku, kala anak saya membeli buku, saya tidak akan melarangnya. Bahkan, membeli buku komik, saya persilahkan,” tuturnya.

Diakuinya, tanpa sadar anak akan mencontoh orang tuanya. Hanya dengan melihat kebiasaan orang tuanya membaca dan membeli buku, akhirnya mengikuti juga. “Bapak ibu saya pendidik. Di rumah banyak buku dan koran. Sejak kecil suka baca-baca buku dan koran. Bahkan kami suka ramai-ramai berebut dan membagi lembaran koran, setiap kali ada koran harian yang datang,” kenang bapak dua anak yang pernah mengenyam fakultas kedokteran, namun lebih memilih STT Telkom ini.

Kecintaannya pada buku, diakuinya, dipengaruhi oleh lingkungan semasa kecil. Bahkan, meski sekarang banyak buku digital, namun romantisme membaca buku cetak belum bisa dikalahkan oleh buku digital atau E-Book. “Sampai sekarang masih suka membaca buku fisik, dari pada E-Book,” ujar penyuka olahraga yang sejak kecil ingin merantau ke Jawa ini.

Paling suka, kata jebolan STT Telkom Bandung ini, buku tentang tokoh, otobiografi, science, nasional geografik, dan sejarah. Bahkan, yang paling menginspirasi, adalah buku tokoh nasional Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Buya Hamka, Bung Hatta dan Bung Karno. “Saya paling suka buku tokoh Bung Hatta,” tandasnya. (ida)