Warga Keluhkan Tumpukan Sampah

449

PURWOREJO—Warga Dukuh Wetan, Desa Pituruh, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, akhir-akhir ini mengeluhkan bau tumpukan sampah di kawasan Pasar Pituruh. Selain menimbulkan bau tidak sedap, tumpukan sampah membuat tidak nyaman, karena dikhawatirkan akan menyebarkan virus penyakit.

Yusro, 37, warga Dukuh Wetan, Desa Pituruh, mengaku hampir setiap hari melihat tumpukan sampah. “Baunya sama sekali mengganggu penciuman.” Ia meminta dinas terkait segera membersihkan sampah-sampah itu agar tidak menjadi sarang bakteri maupun virus yang bisa menyebabkan bibit penyakit.

Informasi yang dihimpun koran ini, tumpukan sampah tersebut berasal dari limbah pasar. Ironisnya, sampah sudah menumpuk lebih dari sebulan. “Saya berharap sampah segera ditindaklanjuti dan jangan dibiarkan menumpuk berbulan-bulan di TPS.”

Kepala Pasar Pituruh, Ahmad Jawari mengatakan, permasalahan sampah menumpuk di TPS Pasar Pituruh bukan tanggung jawab pihak pasar. Alasannya, pihak pasar sudah bekerja sama dengan KUD Megulung Kidul. “Kami sudah bekerjasama dengan KUD selama 4 tahun.” Ahmad mengatakan, pihaknya sudah meminta KUD Megulung Kidul untuk mengangkut sampah setiap minggunya, agar tidak terjadi penumpukan. (jpg/isk)