AKSES TANI: Warga Desa Jombor bersama-sama membangun jalan menuju sawah untuk memperlancar aktivitas pertanian warga (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).
AKSES TANI: Warga Desa Jombor bersama-sama membangun jalan menuju sawah untuk memperlancar aktivitas pertanian warga (SIGIT ANDRIANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG).

TUNTANG – Desa Jombor berencana untuk menggandeng mitra Desa, yaitu desa-desa yang ada di Kecamatan Tuntang dalam menjalankan BUMDes. Dengan menggandeng para mitra ini, pemasaran produk BUMDes Jombor diharapkan tidak akan menghadapi kendala.

Nur Kholis, Sekretaris Desa Jombor mengatakan bahwa salah satu usaha yang ingin dilakukan kaitannya dengan adanya BUMDes adalah memproduksi air kemasan. Dirinya melihat selama ini air bersih yang dikelola warga hanya sebatas digunakan untuk keperluan sehari-hari, sehingga ia ingin memanfaatkannya dengan cara yang lebih meningkatkan nilai ekonomi.

Sekdes: Nur Kholis
Sekdes: Nur Kholis

”Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan saja. Kami ingin membuat air dalam kemasan. Bentuk kerjasamanya nanti ketika ada Desa yang berkegiatan bisa menggunakan air kemasan produk kami,” kata Nur Kholis kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Produksi air dalam kemasan ini, ia katakan sudah dilakukan oleh Desa lain. Sehingga ia ingin mengaplikasikan di wilayah desanya yang sebenarnya juga memiliki air yang cukup melimpah.

Produksi air kemasan ini diharapkan juga dapat membantu menambah pendapatan asli Desa Jombor yang selama ini hanya mengandalkan penyewaan tanah bengkok dan sawah yang ada.”Ke depan anak-anak muda juga akan kita dorong untuk ternak lele. Karena kebetulan di sini, di pinggiran rawa ada air yang cukup untuk ternak lele,” kata dia.

Selama ini, kata Nur Kholis, anggaran desa memang baru difokuskan untuk pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah untuk membangun jalan untuk akses para petani. Dengan pembangunan jalan ini, kegiatan petani di Desa Jombor diharapkan dapat berjalan lancar.

”Pembangunan fisik lebih banyak kami lakukan. Anggaran ke depan sudah mulai fokus pada BUMDes. Semoga bisa berjalan dengan lancar sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga,” harapnya. (cr4/bas)