KUNJUNGAN: Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan beserta jajarannya bertemu Rektor Untidar Prof Dr Cahyo Yusuf, MPd kemarin (19/10) (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu).
KUNJUNGAN: Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan beserta jajarannya bertemu Rektor Untidar Prof Dr Cahyo Yusuf, MPd kemarin (19/10) (Agus Hadianto/Jawa Pos Radar Kedu).

MAGELANG – Kapolres Magelang Kota, AKBP Kristanto Yoga Darmawan menyarankan pihak Universitas Tidar memasang CCTV di area sekeliling kampus, terutama parkir. Hal ini mengingat perkembangan kampus Untidar yang sangat pesat sehingga jumlah mahasiswa pun semakin komplek.

“Langkah ini sebagai upaya meminimalisasi kriminalitas di wilayah kampus. Sebagai contoh, kasus pencurian di minimarket kemarin, pelaku cepat terdeteksi karena bantuan CCTV, ” papar AKBP Kristanto Yoga Darmawan, Kamis (19/10) saat acara ramah tamah dengan jajaran pejabat Universitas Tidar.

Kristanto menyarankan untuk memaksimalkan CCTV di lingkungan kampus serta penerapan manajemen konflik yang tepat. Pemasangan CCTV, menurut dia, seperti yang sudah terjalin saat ini kerja sama kasatlantas, Dishub dan Diskominfo untuk mengintegrasikan 36 CCTV di wilayah Magelang demi peningkatan keamanan.

“Sistem ini bisa juga diaplikasikan di kampus mengingat banyaknya motor serta helm mahasiswa yang mengundang kriminalitas pihak yang tidak bertanggung jawab,”tandasnya.

Kristanto juga mengajak Rektor Untidar untuk tidak segan bekerja sama dengan Polres Magelang. Kegiatannya bisa disesuaikan, misalnya penyuluhan bahaya narkoba, atau bahaya radikalisme. “Ke depan bisa bekerja sama dalam seminar bela negara untuk mahasiswa, “papar Kristanto.

Sementara, Rektor Untidar Prof Cahyo Yusuf, MPd menyambut baik kedatangan Kapolres Magelang Kota yang baru tersebut. Prof Cahyo yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Joko Widodo, MPd dan Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Bambang Kuncoro, MSi, memaparkan seputar keamanan kampus.

Mahasiswa terus bertambah, lahan parkir masih belum maksimal, banyak laporan masuk tentang kehilangan helm. Karakteristik mahasiswa juga semakin beragam, kadang muncul konflik dan berpotensi menjadi demo.

“Saran dari Pak Kapolres akan kami terapkan, “kata Cahyo. (cr3/lis)