Toha Dilantik Jadi Sekda Kendal

824
PELANTIKAN : Mohammad Toha dilantik oleh Bupati Kendal sebagai Sekda menggantikan Bambang Dwiyono, di Operasional Room, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).
PELANTIKAN : Mohammad Toha dilantik oleh Bupati Kendal sebagai Sekda menggantikan Bambang Dwiyono, di Operasional Room, kemarin (BUDI SETYAWAN/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL—Kepala Dinas Perhubungan, Mohammad Toha resmi dilantik sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal. Ia menggantikan posisi Bambang Dwiyono, sekda sebelumnya yakni kini menjabat sebagai Kepala Dispendukcapil Kendal. Sementara untuk jabatan Kepala Dispendukcapil sebelumnya dijabat oleh Tatang Iskandariyanto. Sedangkan Tatang Iskandariyanto kini menduduki jabatan baru sebagai Kepala Inspektorat Kendal atau Inspektur.

Pelantikan tiga pejabat tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Kendal Mirna Annisa di Operasional Room, Setda Kendal, Rabu (18/10) kemarin. “Pelantikan Pejabat Tinggi Tingkat Pratama ini merupakan hasil dari tes seleksi dan assesment yang dilakukan Mabespolri dari 11 peserta hingga akhirnya tersaring menjadi tiga besar,” tuturnya.

Dalam tiga calon Sekda, diakui Mirna, Mohammad Toha memperoleh nilai paling tinggi ketimbang calon lainnya. Makanya Toha ditetapkan sebagai Sekda Kendal. “Saya tidak ada intervensi, karena memang saya ingin Sekda yang bisa bekerja profesional,” tandasnya.

Secara kinerja, menurutnya, Sekda Bambang Dwiyono sangat bagus. Bahkan ia merasa banyak dibantu sejak awal menjabat sampai hingga sekarang. “Saya banyak dibantu, tapi karena jabatan Sekda ada masa berlakunya, lima tahun. Sehingga memang harus diganti,” jelasnya.

Terlebih, Bambang sudah menduduki jabatan selama tujuh tahun, sehingga sudah ada bonus dua tahun. “Saya berharap dengan adanya pelantikan ini, akan diikuti dengan pembaharuan di Kendal,” tuturnya.

Menurutnya tidak semua jabatan itu prestis. Melainkan tanggung jawab yang harus diikuti dengan beban kerja serta peningkatan kinerja. “Jadi harus bisa berkonstribusi kepada masyarkat. Makanya, harus ada sinergitas dengan Forkompimda harus tetap dijaga,” tambahnya.

Terkait dengan jabatan Kepala Dinas Perhubungan yang masih kosong, Bupati Mirna mengatakan akan segera diisi oleh Plt yang masih dalam proses. Bupati Mirna menyebutkan nama Agus Sumaryono yang akan memegang Plt Kepala Dinas Perhubungan, sesuai nama yang diajukan, karena memiliki kompetensi.

Sekda Kendal baru, Moh Toha usai dilantik mengatakan, akan melanjutkan hal-hal yang baik dari sekda sebelumnya. Dalam jangka pendek, dia mengatakan akan melakukan support dan pemantauan terhadap OPD agar segera menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang tinggal 3 bulan ini.

Hal itu dilakukan mengingat adanya penyerapan anggaran di beberapa OPD yang masih minim. Sehingga butuh kerja ekstra agar anggaran bisa terserap maksimal. Harapannya tidak terjadi silpa yang tinggi. “OPD-OPD yang tunggakan pekerjannya banyak, akan saya monitor langsung,” akunya. (bud/ida)