Nomor Pertandingan Mengacu PON

39

SEMARANG – Pengprov Wushu Indonesia (WI) Jateng akan menggelar babak kualifikasi Porprov Jateng di GOR Pandanaran, Wujil, Kabupaten Semarang, 23-26 November mendatang. Adapun nomor yang akan dipertandingkan mengacu pada PON XIX lalu. Kuota kelolosan sendiri sebanyak 158 atlet saat Porprov nanti.

Untuk sanda putra akan dipertandingkan kelas bawah 48 kg, 52 kg, 56 kg, 60 kg, 65 kg, 70 kg, dan 75 kg. Adapun putri yakni bawah 48 kg, 52 kg, 56 kg, dan 60 kg. Sedangkan pada taolu putra mempetandingan changquan, nanquan-nangun, taijijian-taijiquan, daoshu-gushu, jianshu-qiangshu, dan duilian. Di bagian putri, changquan, nanquan-nandao, daoshu-gunshu, jianshu-qianshu, taijijian-taijiquan, dan duilian.

”Memang kuota pada Porprov 2018 nanti akan lebih kecil dibanding dengan 2013 lalu. Ini mengingat keterbatasan dana. Karena keterbatasan ini, kami masih berusaha untuk menentukan jumlah petarung wushu yang lolos tiap kelasnya. Melihat jumlah peserta dulu,” tutur Ketua Harian Pengprov WI Jateng Sudarsono.

Bisa jadi, lanjutnya, jika ada salah satu nomor kelas sanda atau taolu jumlah peserta tak memenuhi ketentuan, bisa dialihkan ke nomor lain. Hal itu masih melihat situasi dan kondisi hingga penutupan pendaftaran pada 15 November nanti. Jika ada yang dipertandingkan, pihaknya akan memberitahu Pengkab/Pengkot WI dan KONI kabupaten/kota di Jateng.

”Untuk kualifikasi Porprov, kami akan memberlakukan pembatasan usia minimal dan maksimal. Untuk sanda, atlet yang turun minimal berusia 17 tahun dan maksimal 29 tahun. Sedangkan taolu, minimal berusia 12 tahun dan maksimal 25 tahun. Pembatasan usia ini lebih longgar dibanding 2013 lalu dan bertujuan untuk memberi kesempatan bagi atlet senior,” tutur Sudarsono.

Pengprov WI juga memberi wild card kepada atlet wushu Jateng yang tergabung di pelatnas. Mereka nanti akan langsung lolos ke ajang multicabang empat tahunan tersebut. Saat ini, ada dua atylet Jateng yang tergabung pelatnas yakni Yusuf Widiyanto dan Puja Riyaya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here