Terapkan Transaksi Keuangan Nontunai

237
NOTA KESEPAHAMAN: Penandatanganan MoU antara Pemkab Wonosobo, Bank Jateng, dan BPKP Provinsi Jateng Selasa (17/10) (HUMAS PEMKAB WONOSOBO UNTUK JP RADAR KEDU).
NOTA KESEPAHAMAN: Penandatanganan MoU antara Pemkab Wonosobo, Bank Jateng, dan BPKP Provinsi Jateng Selasa (17/10) (HUMAS PEMKAB WONOSOBO UNTUK JP RADAR KEDU).

WONOSOBO—Pemberian gaji di lingkungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), kecamatan, maupun kelurahan di Kabupaten Wonosobo, dilakukan secara nontunai. Hal ini sebagai tahap awal pelaksanaan transaksi nontunai, mengacu surat edaran Menteri Dalam Negeri.

Kepala BPPKAD Kabupaten Wonosobo, M Kristijadi, menyampaikan, nantinya semua SKPD akan melaksanakan transaksi nontunai, baik penerimaan maupun transaksi pengeluaran.

“Sebagai tahap awal, minimal gaji pegawai sudah tidak ada yang diberikan dengan cara tunai, baik di SKPD, kecamatan, maupun kelurahan,“ kata M. Kristijadi dalam launching dan sosialisasi SP2D Online di kompeks Agrowisata Tambi, Selasa (17/10) kemarin. Nantinya, semua PNS di lingkungan Pemkab Wonosobo diharuskan membuka rekening Bank Jateng, karena kas daerah di bank tersebut.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengapresiasi langkah BPPKAD bekerja sama dengan Bank Jateng Wonosobo dan perwakilan BPKP Jawa Tengah, yang membuat terobosan inovasi surat perintah pencairan dana (SP2D) online.

Menurut Eko, hal itu perlu dilakukan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi. Sebab, pelayanan publik menjadi titik strategisnya, yang harus menekankan pada nilai-nilai efisiensi. Nilai keadilan, responsivitas, serta praktik pemerintahan yang bersih dan bebas praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemkab Wonosobo, Bank Jateng dan BPKP Provinsi Jateng. (*/lis)