APARTEMEN BARU: Acara Ground Breaking apartemen Menara Undip di Pedalangan, Banyumanik, kemarin (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
APARTEMEN BARU: Acara Ground Breaking apartemen Menara Undip di Pedalangan, Banyumanik, kemarin (ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

SEMARANG – Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) dan PT PP Property Tbk menjalin kerja sama membangun apartemen 28 lantai di dekat kampus Undip Tembalang Semarang. Apartemen tersebut diklaim memberikan kemudahan bagi mahasiswa dengan fasilitas download buku gratis.

The Alton Apartment yang berada di Jalan Prof Soedarto Pedalangan, Banyumanik, itu diklaim akan menjadi tower tertinggi di Semarang. Selain itu, bangunan hunian tersebut juga pertama yang dijamin bebas narkoba.

“Apartemen pertama yang bekerja sama dengan BNN, jadi kami pastikan bersih dan bebas dari narkotika,” ungkap Ketua Ika Undip, Maryono, usai acara Ground Breaking, Selasa (17/10).

Dikatakan, The Alton Apartement sendiri memiliki 3 tower utama. Bangunan terdiri atas 3 tower yang berada di atas lahan seluas 1,3 hektare. Salah satunya telah diborong secara grosir oleh IKA Undip dan memiliki hak paten, sehingga memiliki nama Menara IKA Undip.

Pembangunan ini, lanjut Maryono, merupakan bentuk pengabdian dari alumni untuk almamater Undip. Dengan adanya transaksi bulk selling dari IKA Undip, tercatat total sudah habis terjual 1.704 unit dari 1.982 unit kamar apartemen yang diluncurkan.

Maryono yang juga Direktur Utama Bank BTN mengatakan, BTN melakukan kerja sama karena mendukung program sejuta rumah. BTN juga akan memberikan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) bagi alumni maupun masyarakat umum.

“Sebagai integrator utama program satu juta rumah, kami terus berkomitmen menyukseskan program nasional tersebut, sehingga masyarakat Indonesia bisa memiliki hunian yang nyaman dengan mudah,” terang Maryono.

“Untuk mendukung kegiatan pembelajaran, mahasiswa bisa juga men-download 22 ribu buku dari Gramedia di sini,” sambung Dirut PP Property Tbk, Taufik Hidayat.

Fasilitas yang disediakan, di antaranya kawasan ritel, green house, zen garden, indoor and outdoor gym hingga fasilitas pendukung kegiatan mahasiswa seperti project space dan creative cubes. Tak ketinggalan, lapangan futsal rooftop.

Dalam acara Ground Breaking yang digelar di lokasi proyek, turut hadir Menristekdikti, M Natsir, yang mengapresiasi pembangunan apartemen yang menunjang kegiatan mahasiswa itu. “Nanti saya juga ikut pesan biar ada rumah di sini. Terima kasih kepada PT PP, semoga tidak hanya di Undip saja,” kata M Natsir. (tsa/aro)