Berkas Masih Kurang, Langsung Dilengkapi

174

UNGARAN – Hari-hari terakhir pendaftaran calon peserta Pemilu 2019 di KPU Kabupaten Semarang benar-benar dimanfaatkan oleh pengurus partai politik. Hingga Minggu (16/10) pukul 15.00, sudah ada 8 parpol yang resmi mendaftar. Diperkirakan hingga penutupan pukul 24.00 WIB tadi malam, masih ada parpol yang mendaftar.

“PKS, Gerindra, Hanura dan Berkarya mendaftar Minggu (15/10). Namun berkasnya sempat kami kembalikan karena jumlah KTA (kartu tanda anggota) Parpol-nya dan KTP (kartu tanda penduduk) yang diserahkan jumlahnya tidak sama,” kata Ketua KPU Kabupaten Semaranga Guntur Suhawan, Senin (16/10). Partai lain yang sudah mendaftar adalah Perindo, PDI Perjuangan, PAN dan Partai Nasdem.

Dijelaskan lebih lanjut, pengurus PKS, Gerindra, Hanura dan Berkarya langsung melengkapi kekurangan berkas seperti yang diminta KPU. “Keempat partai yang syaratnya sempat kami kembalikan, akhirnya menyempurnakan persyaratannya. Jadi, hingga pukul 15.00 WIB ini, kami sudah menyerahkan delapan tanda terima bagi parpol calon peserta Pemilu,” ujarnya.

Guntur mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu serta mengecek persyaratan dari sejumlah parpol yang mendaftar ke KPU. Hingga kemarin sore, sejumlah partai memang belum memasukkan berkasnya. Di antaranya PKB, PPP, dan Partai Demokrat. Meski demikian, mereka diperkirakan tetap akan mendaftar sebelum tenggat waktu habis. “Kami masih membuka pendaftaran hingga malam ini (Senin) sampai pukul 24.00 WIB,” katanya.

Dikatakan lebih lanjut, persiapan yang harus dilakukan Parpol ketika mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2019 sangatlah mudah. Terlebih dulu partai memasukkan data pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Selanjutnya partai menyerahkan berkas, temasak KTP dan kartu tanda anggota partai yang sesuai dengan data dalam Sipol. (ewb/ton)