Pendaftar Baru 7 Parpol

154
Basmar Aprianto Amron (DOK RADAR KEDU).
Basmar Aprianto Amron (DOK RADAR KEDU).

MAGELANG – Hingga menjelang hari terakhir pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu 2019, baru 7 parpol yang telah menyerahkan berkas serta diberikan tanda terima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang. KPU Kota Magelang mengembalikan berkas pendaftaran tiga parpol karena dinyatakan tidak lengkap.

“Dua parpol yaitu Partai Hanura dan Partai Gerindra kami kembalikan karena jumlah anggota parpol tidak sama dengan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Sedangkan satu partai lainnya yaitu Partai Demokrat kita beri check list dan kita kembalikan berkasnya karena di pusat belum mendaftar,” kata Ketua KPU Kota Magelang Basmar Aprianto Amron, Minggu (15/10).

Basmar merinci, 7 parpol yang sudah medaftar dan telah menerima tanda terima adalah PDI Perjuangan, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasdem, PAN, PKS, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Berkarya. Padahal hari ini adalah hari terakhir pendaftaran.

“Yang belum mendaftar seperti Golkar, PKB, PPP, dan Partai Idaman. Saat sosialisasi memang ada beberapa partai yang tidak pernah hadir sekalipun. Besok (hari ini, red) kami menerima pendaftaran sampai dengan pukul 24.00 WIB,” jelas Basmar.

Tahapan pendaftaran ini sangat penting bagi parpol agar bisa menjadi peserta Pemilu 2019. Pendaftaran ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) dan Peraturan KPU.

Sementara, Ketua DPD Partai Golkar Kota Magelang Titiek Utami mengatakan, pihaknya memang belum mendaftar di KPU. “Iya benar mas, rencana Senin besok kami mendaftar. Saat ini kami sedang melengkapi berkas. Kemarin-keamrin kami sedang berkoordinasi dengan DPP terkait pendaftaran ini,” ungkap politisi Golkar tersebut yang juga menjabat Plt Ketua DPRD Kota Magelang. (cr3/ton)