SEMI FINAL PUTRA: Menurunkan pemain berbeda dari laga tunggal pertama, ganda putra SDN Batursari 6 Mranggen Yovan / Ezra, mampu memenangi laga semi final putra melawan Danar / Petra dari SDN Bintoro 1 21-8, 21-8, sehingga maju final. Sebelumnya, pemain tunggal pertama SDN Batursari 6, Ridwan, menang atas Danar 21-11, 21-19 (DJARUM BULUTANGKIS ANTAR SD MI DEMAK).
SEMI FINAL PUTRA: Menurunkan pemain berbeda dari laga tunggal pertama, ganda putra SDN Batursari 6 Mranggen Yovan / Ezra, mampu memenangi laga semi final putra melawan Danar / Petra dari SDN Bintoro 1 21-8, 21-8, sehingga maju final. Sebelumnya, pemain tunggal pertama SDN Batursari 6, Ridwan, menang atas Danar 21-11, 21-19 (DJARUM BULUTANGKIS ANTAR SD MI DEMAK).

DEMAK-Hasil pertandingan lanjutan Djarum Foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD / MI Se-Kabupaten Demak tahun 2017, memunculkan tim semifinalis baru dibandingkan pada pencapaian pada kejuaraan tahun 2015 lalu. Baik hasil di bagian regu putra maupun regu putri.

Tim bulu tangkis sekolah yang masuk babak empat besar di pertandingan hari terakhir, Minggu (15/10) kemarin di GOR Koni, Demak Kota, semuanya belum pernah naik podium pada kejuaraan beregu tahun 2015 silam. Semifinalis regu putri diraih oleh SDN Mranggen 1 UPTD Mranggen, SDN Karanganyar 1 UPTD Karanganyar, SDN Sari 1 UPTD Gajah, dan SDN Batursari 6 UPTD Mranggen. Pada bagian putra, diduduki oleh SDN Batursari 6 UPTD Mranggen, SDN Bintoro 1 UPTD Demak, SDN Batursari 7 UPTD Mranggen dan SD Plus Latansa.

Referee Pertandingan, Jaka Sutrisna, memaparkan, semua tim yang masuk semi final tersebut, merupakan tim-tim baru dibandingkan semifinalis antar SD / MI tahun 2015. Meski demikian, hampir semuanya juga diperkuat siswa – siswi yang menjadi atlet bulutangkis. Mereka aktif mengikuti pembinaan di klub – klub di Kabupaten Demak. Baik pemain tingkat madya, ataupun pemain utama.

“Peta kekuatan tim-tim mulai dapat terbaca saat masuk delapan besar. Selain ada tim yang dominan, ada juga tim yang ternyata dapat lawan ringan sejak penyisihan, dan kemudian bisa semi final. Ini memang keuntungan tersendiri. Sebab, pembagian pertandingannya tanpa seeded supaya fair,” tuturnya.

Jaka menambahkan, karena faktor usia pemain dan rentang waktu pelaksanaan antara kejuaraan beregu SD / MI yang pertama dan kedua, komposisi pemain tim bulu tangkis dari berbagai sekolah yang mengikuti pada kejuaraan kali inipun berubah.

Selain tim, komposisi pemain juga beda. Pada kejuaraan antar SD / MI 2015, banyak regu sekolah yang tampil dan mampu masuk semi final, diperkuat pemain mahir yang usianya menginjak kelas lima dan enam. Sekarang kan sudah tahun 2017, otomatis pemain tersebut tentunya sudah lulus. Jadi ada yang punya tim baru, atau juga tidak ikut sama sekali. Contohnya SDN Batursari 7 Mranggen.

“Tahun ini mereka tidak menurunkan tim putri, padahal kejuaraan sebelumnya tim putrinya juara. Bersyukurlah, ternyata tim putra SDN Batursari 7 bisa masuk semi final,” jelasnya.

Sementara itu, partai semi final putri Djarum Foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD / MI Se-Kabupaten Demak tahun 2017, mempertemukan SDN Mranggen 1 dengan SDN Karanganyar 1, dan SDN Sari 1 melawan SDN Batursari 6. Sedangkan semi final putra, mempertandingkan SDN Batursari 6 melawan SDN Bintoro 1, dan SDN Batursari 7 bertemu SD Plus Latansa.

Pertemuan tim putri SDN Mranggen 1 dengan SDN Karanganyar 1, akhirnya dimenangkan oleh tim putri SDN Mranggen 1. Menurunkan Naja di laga pertama tunggal kesatu, dan laga kedua ganda Naja / Nurul, mereka menang dengan kedudukan 2-0. Naja menang telak atas Andin 21-3, 21-2, sedangkan Naja / Nurul unggul Riska / Reva 21-6, 21-12.

Partai semi final putri lainnya, SDN Sari 1 melawan SDN Batursari 6, akhirnya dimenangkan SDN Batursari 6. Membawa pemain tunggal kesatu Nayla, dan pemain ganda Nikita / Marta, SDN Batursari 6 mengandaskan SDN Sari 1 dengan poin 2-0. SDN Sari 1 memainkan Yusfika di laga tunggal kesatu dan ganda Yusfika / Niken.

Pada semi final regu putra, SDN Batursari 6 mengalahkan SDN Bintoro 1 dengan poin 2-0. Pemain tunggal SDN Batursari 6, Ridwan, menundukkan tunggal kesatu SDN Bintoro 1, Danar, dengan skor 21-11, 21-19. Menurunkan pemain berbeda, Yovan / Ezra, ganda SDN Batursari 6 ini tidak kesulitan mengalahkan ganda SDN Bintoro 1 21-8, 21-8.

Sedangkan satu partai semi final putra lainnya, SDN Batursari 7 bertemu SD Plus Latansa, dimenangkan oleh SD Plus Latansa dengan kedudukan 2-0. Pemain tunggal kesatu SDN Batursari 7, Ilham, takluk 14-21, 8-21 Atas Zakaria, pemain tunggal kesatu SD Plus Latansa. Berlanjut dengan laga ganda, Zakaria yang berpasangan Risqom, mampu mengatasi Farel / Afif, pemain ganda SDN Batursari 7, dengan angka 21-14, 21-18. (fiq/zal)