DEKATKAN WARGA-Tim medis saat memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga desa Argopeni (IST).
DEKATKAN WARGA-Tim medis saat memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga desa Argopeni (IST).

KEBUMEN-Masyarakat Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen mendapat bantuan pelayanan kesehatan cuma-cuma dari Djarum Foundation di balai desa setempat, Sabtu (16/10). Kegiatan yang digelar bersama Yayasan Bhakti Insan Negeri (YBIN) ini diikuti sekitar 545 warga.

Lokasi Desa Argopeni dengan kontur berbukit dan berada di pesisir pantai selatan bagian barat, harus ditempuh sekitar satu jam dari wilayah kota. Di Argopeni hanya ada puskesmas pembantu.

Komandan Koramil (Danramil) 022 Kecamatan Ayah, Kapten Inf Sukirno memaparkan, bantuan ini menjadi berkah karena dari beberapa desa yang disurvei di wilayah tersebut, akhirnya Desa Argopeni berkesempatan mendapat bantuan pelayanan kesehatan gratis yang cepat dan mudah ini. “Dengan kehadiran tim medis di tempat ini, memudahkan bapak ibu periksa. Bisa membantu menyembuhkan penyakit ataupun melayani cek kesehatan,” jelasnya Sukirno mengawali kegiatan.

Perwakilan dari Djarum Foundation Arvi Oktaviendra menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian ke-10 dari program Sumbangsih Sosial. Selain pelayanan kesehatan, program tersebut juga telah mengadakan operasi katarak gratis, operasi bibir sumbing dan langit-langit, dan sumur resapan. “Saat ini kami juga tengah memrogramkan jambanisasi. Semoga program-program tersebut menjangkau warga di sini. Sehingga akan dapat meringankan beban warga,”jelasnya.

Ketua LKMD Desa Argopeni Sakam Sigit Budiharjo yang mewakili Pjs Kades Argopeni Mangsud MZ memberikan apresiasi atas kegiatan ini. “Kami ingin agar kegiatan ini bisa berlanjut dengan pelaksanaan jambanisasi. Hal itu karena masyarakat di sini masih sangat membutuhkan,” ungkapnya. (fiq/ton)