Wadah Berkarya Talenta Lokal

172

PERNAH dengar Werewolf, Hi Yuri!, atau Kerang Ajaib? Yup, ketiganya merupakan fitur chatbot di aplikasi LINE. Bagi yang masih asing, nggak perlu heran. Fitur tersebut emang baru banget hadir di LINE. ’’Kompetisi LINE Chatbot kali pertama diadakan di ajang LINE Creativate 2017,’’ terang PR Director LINE Indonesia Dhyoti R. Basuki. Pada ajang itu, ada juga kompetisi LINE Webtoon, LINE Sticker, sampai Unjuk Kreasi Lokalmu, sebuah kompetisi kreasi konten lokal khas Indonesia.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, LINE Creativate emang menghadirkan kompetisi yang lebih beragam. Padahal, saat kali pertama diadakan pada 2015, LINE cuma menyelenggarakan lomba Webtoon dan Kreasi Sticker loh. ’’Kami punya misi mendukung talenta lokal dalam berbagai bidang kreativitas,’’ sambung Dhyoti. Bahkan, LINE Creativate 2017 menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding Indonesia untuk mendukung misi-misinya.

Dengan menggunakan messaging API (application program interface), fitur yang dimiliki Microsoft, kompetisi LINE Chatbot melombakan dua bidang. Yakni, bidang game (hiburan dan permainan) serta utilitas (fitur untuk memudahkan kegiatan sehari-hari). ’’Selain itu, bot harus memiliki tema yang ’Indonesia Banget’. Artinya, harus mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam lingkup nasional sekaligus mampu mempromosikan budaya-budaya lokal Indonesia,’’ terangnya.

Menurut Dhyoti, dengan 74,9 juta pengguna smartphone di Indonesia, chatbot adalah salah satu cara buat menjawab tantangan zaman. ’’Sering kali chatbot disebut sebagai tren yang dicari pengguna smartphone, khususnya pelaku bisnis untuk meningkatkan pelayanan bisnis mereka,’’ terang Dhyoti. Yes, chatbot digadang-gadang bisa jadi solusi praktis di ranah bisnis karena bisa memberikan informasi detail produk hingga menjadi sarana pemesanan.

’’Dengan chatbot, bukan hanya pengguna yang bisa merasakan manfaatnya, tetapi juga sebagai wadah untuk developer lokal menyalurkan karya dan mengembangkan potensi mereka,’’ lanjutnya.

Melalui kompetisi LINE Chatbot, LINE emang berharap bisa membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat Indonesia. ’’Kami berharap kecanggihan yang ditawarkan fitur-fitur LINE juga mampu menjadi sebuah gaya hidup baru bagi masyarakat,’’ ucap Dhyoti. (nen/c22/nrm)