Kesenian Sumbang Presitasi Terbanyak

20
JAGA TRADISI: Siswa-siswi SDN 2 Purwokerto sedang berlatih tembang dolanan saat ditemui di sekolah (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).
JAGA TRADISI: Siswa-siswi SDN 2 Purwokerto sedang berlatih tembang dolanan saat ditemui di sekolah (M ZAENURI/JAWA POS RADAR SEMARANG).

KENDAL – Selama dua tahun terakhir  bidang kesenian mendominasi prestasi  SDN 2 Purwokerto Kecamatan Brangsong. Siswanya pun banyak yang mempunyai potensi dalam bidang seni.

Kepala SDN 2 Purwokerto Brangsong, Siti Alfiah mengungkapkan, sejak tahun 2015  hingga sekarang prestasi SDN 2 Purwokerto terus mengalami peningkatan  dibandingkan tahun-tahun sebelumnya baik dalam bidang akademik maupun non akademik  khusus dalam bidang seni merupakan penyumbang prestasi terbanyak. “Selama beberapa  tahun terakhir prestasi kita ya kebanyakan dari seni, anak-anaknya juga suka kesenian,” ungkapnya.

Salah satu siswanya, Cahaya Aulia  menjadi langganan juara  dalam lomba seni Islami dan kerap tampil di tingkat Kabupaten. “Sejak dari kelas  2 anaknya  menjuarai lomba khitobah di Kecamatan  Brangsong tiga tahun berturut-turut sampai sekarang, dalam waktu dekat juga akan ikut  tampil  di tingkat Kabupaten,” bebernya.

Selain itu, dalam mendukung pengembangan bakat siswanya sekolah mempunyai  ekstrakulikuler  kesenian yakni Menyanyi Tunggal, Macapat dan Tembang Dolanan. “Untuk ekstrakulikuler kita ada jadwal  rutin seminggu sekali, bahkan waktu mau lomba latihannya hampir tiap hari sampe  sore,” bebernya.

Untuk mendukung latihan, sarana dan prasarana untuk kegiatan kesenian juga tersedia walaupun belum  lengkap.”Kita biasanya nyewa atau pinjam dari luar kalau belum punya peralatannya,” imbuhnya.

Diakuinya, peran pendidiknya sangat besar dalam meningkatkan prestasi di sekolah. Oleh karenanya, pihaknya sangat mengapresiasi  kerja keras dan semangat  yang telah ditunjukkan oleh para guru.”Disini guru-gurunya kalo ngelatih  sampe larut sore  walaupun rumahnya di Semarang” ungkapnya.

Dikatakannya, Selama ini dalam mengikuti setiap perlombaan pihaknya selalu memasang target   dengan melihat kelemahan,kelebihan, hambatan dan peluang yang ada.” inimal harus menang ditiga kejuaraan  baik di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten,” pungkasnya. (zen/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here