PURWOREJO—Ruas Jalan Deandles Km 15— tepatnya di Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag—Kamis (12/10) lalu, kembali menjadi lokasi kecelakaan, pukul 14.15. Kecelakaan antara truk dan motor, menyebabkan dua  pelajar terluka. Keduanya dirawat intensif di rumah sakit.  Kecelakaan bermula ketika truk  AA 1870 GB yang disopiri H. Samsul Hidayat, warga Desa Aditirto RT 01/ RW 01, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, melaju dengan kecepatan tinggi dari arah timur ke barat.

Nah, di lokasi kejadian, mendadak  muncul Vario nopol AA 5478 NV yang dikendarai oleh Muhammad Galih, 15,  berboncengan dengan Arif, 14. Keduanya warga Desa Ketawangrejo, Kecamatan Grabag. Motor melaju searah, berada di depan truk. Yang terjadi, pemotor mendadak berbelok kanan. Alhasil, sopir truk terkejut. Karena laju truk cukup kencang, tak pelak moncong truk menghantam bagian belakang motor korban hingga terpental.

Kepala Unit Laka Satlantas Polres Purworejo Iptu Edy Winawan mengatakan, kecelakaan  dipicu pengemudi  truk yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. “Juga tidak mengutamakan kendaraan di depannya,” kata Edy, Jumat (13/10) kemarin.

Akibat kecelakaan tersebut, pemotor mengalami luka sobek. Ia dirawat di RS Palang Biru Kutoarjo. Sedangkan pemboncengnya mengalami cedera pada bagian kepala dan harus dirawat di RSUD dr. Tjitrowardojo Purworejo. Kedua kendaraan sudah diamankan di kantor Unit Laka Satlantas Polres Purworejo sebagai barang bukti. “Kami mengimbau kepada warga masyarakat untuk lebih bijaksana dalam memacu kendaraannya. Di jalan yang lurus dan bagus, jangan  kebut-kebutan. Tetapi harus mementingkan pengendara lain.”

Pada hari yang sama, pagi sebelumnya, juga terjadi kecelakaan. Yakni, antara sepeda motor dan pejalan kaki. Lokasinya,  di Jalan Purworejo-Magelang. Tepatnya, di depan Mapolsek Loano, Desa Loano, Kecamatan Loano. Akibat kecelakaan tersebut, pejalan kaki mengalami luka berat di bagian kepala.

Kejadian berlangsung pada pukul 07.30. Mulanya, Beat nopol AA 3275 NV yang dikendarai  Zaidatus Silmi, 19, warga Desa Kaliboto RT 01/ RW 04, Kecamatan Bener, melaju dari arah utara ke arah selatan (Magelang-Purworejo). Kecepatannya, sekitar 60 Km/jam. Di lokasi kejadian, dari arah timur, seorang pejalan kaki, Suparmi, 87, warga Desa Loano RT 04/ RW 02 Kelurahan, Kecamatan Loano, berjalan ke arah barat. Diduga karena kaget, pemotor  oleng dan hilang kendali, sehingga menabrak pejalan kaki.

“Karena jaraknya sudah terlalu dekat, pengendara  motor tidak mampu menghindari pejalan kaki,” ungkap Kanit Laka Satlantas Polres Purworejo, Iptu Edy Winawan. Pejalan kaki mengalami cedera pada bagian kepala, Sedangkan pemotor mengalami luka lecet dan sobek pada mulut. Korban dilarikan ke RSI Loano Purworejo. (jpg/isk)