Pejabat Fungsional Tak Perlu Minder

291
DILANTIK: Sekda Kota Magelang, Sugiharto melantik 17 pejabat fungsional di Aula Adipura Kencana (HUMAS PEMKOT MAGELANG UNTUK JP RADAR KEDU).
DILANTIK: Sekda Kota Magelang, Sugiharto melantik 17 pejabat fungsional di Aula Adipura Kencana (HUMAS PEMKOT MAGELANG UNTUK JP RADAR KEDU).

MAGELANG–Sekda Kota Magelang, Sugiharto meminta kepada 17 pejabat fungsional di lingkungan Pemkot Magelang yang baru saja dilantik untuk tidak minder menduduki jabatan tersebut. Justru harus merasa bangga, karena karier pejabat fungsional terbuka luas.

“Jabatan fungsional merupakan jabatan strategis,” kata Sugiharto, usai melantik pejabat fungsional, di Aula Adipura Kencana, Kamis (12/10) lalu.  Kata  Sugiharto, jabatan fungsional berbeda dengan jabatan struktural.

Menurut dia,  jabatan ini melekat pada profesi, tidak punya atasan, dan mandiri. Bahkan, kenaikan jabatan tidak tergantung pada masa kerja, tapi lebih kepada angka kredit pegawai. “Kariernya lebih bagus. Kenaikan jabatan pejabat fungsional bisa lebih cepat dari pejabat struktural.” Pelantikan pejabat fungsional pada Kamis (12/10) lalu, tercatat kali  pertama  dilakukan pasca-terbitnya PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pengawai Negeri Sipil (PNS) pada April 2017 lalu.

Kepala Badang Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono membeber, 17 pejabat fungsional yang dilantik terdiri atas 12 fungsional Satpol PP, 3 fungsional pranata humas, 1 pranata komputer, dan 1 dokter ahli madya yang naik menjadi dokter ahli utama.

Pelantikan sesuai pasal 78 PP Nomor 11 Tahun 2017. Isi PP menyebut bahwa pejabat fungsional yang diangkat pertama kali harus dilakukan pelantikan. Setelah itu, tunjangan fungsional bisa dicairkan. “Setelah ini, masih ada pelantikan-pelantikan selanjutnya.” (put/isk)