Targetkan Transaksi Rp 1.5 M

SEMARANG – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Tengah akan menggelar Bursa Wisata Indonesia di  Hotel & Convention Patra pada 4 November mendatang. Event nasional yang digelar kali keempat ini menargetkan transaksi hingga Rp. 1,5 miliar.

Ketua ASPPI DPD Jawa Tengah, Robertus Wahyu mengatakan, BWI digelar sebagai upaya untuk mengangkat berbagai potensi wisata di Indonesia dan memfasilitasi para pelaku usaha di bidang tersebut. Dengan kegiatan utama mempertemukan para seller yang menawarkan berbagai paket wisata ke para buyer dalam kemasan acara yang disebut table top.

“Tahun ini untuk seller ditargetkan setidaknya 140 dan buyer mencapai 350. Dengan target transaksi mencapai Rp. 1.5 miliar. Target tersebut lebih tinggi dari realisasi tahun sebelumnya yang sebesar Rp 1.1 miliar,” ujarnya, kemarin (12/10).

Sejauh ini, lanjutnya seller yang telah melakukan konfirmasi keikutsertaan dalam acara mencapai 75, sedangkan buyer 150. Baik seller maupun buyer bebas dari mana saja, baik dari Jateng, luar Jateng bahkan ada juga peserta dari luar negeri. “Namun untuk buyer kami harapkan 60 persen dari Jateng dan Jogja,” ujarnya.

Pihaknya optimis target dapat tercapai mengingat sektor pariwisata yang tengah menggeliat. Terlebih dengan dibukanya berbagai objek pariwisata yang kini banyak diminati. Seperti lokasi-lokasi diketinggian yang menawarkan top selfie serta wisata-wisata adventure.

Ketua Panitia BWI 4, Sony Wimas menambahkan, selain agenda utama yang mempertemukan seller dan buyer, dalam acara ini juga digelar beberapa kegiatan pendukung lain. Diantaranya talk show dan seminar pariwisata, expo UKM yang mengangkat produk unggulan Jawa Tengah serta photography contest.“Jadi gelaran kali ini tidak hanya sekedar table top saja, tapi juga ada berbagai event pendukung yang bersifat diskusi, seni budaya, serta ekonomi rakyat,” imbuhnya. (dna/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here