Lalai Bawa Berkas, Mediasi Tertunda

39

PURWOREJO—Tidak lengkapnya dokumen administrasi Pemkab dalam proses mediasi kasus gugatan perdata Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Pendowo vs Pemkab Purworejo, terpaksa mandeg. Sedianya, kasus tersebut bakal digelar di ruang sidang Kartika, Pengadilan Negeri (PN) Purworejo.

Mediasi dipimpin oleh hakim mediator dari PN setempat, Antyo Harri Susetyo SH. Saat itulah terkuak Pemkab luput, tidak menyerahkan resume perkara. Padahal, resume perkara merupakan dokumen wajib yang harus dilengkapi. Baik oleh pihak penggugat maupun tergugat. Pihak penggugat sendiri, sesuai perintah hakim, menyerahkan resume perkara.

“Resume itu wajib. Seharusnya pihak tergugat sudah harus menyiapkan, karena sudah diberikan waktu tujuh hari,” jelas Antyo Harri Susetyo, Kamis (12/10) kemarin.

Belum diserahkannya resume oleh pihak tergugat, mediasi terpaksa ditunda. Pihak tergugat dinilai tidak siap dalam menghadapi proses mediasi. “Terpaksa sidang mediasi akan kami lanjutkan lagi pada Rabu (18/10) pekan depan,” kata Antyo.

Hampir seluruh PKL hadir dalam persidangan. Mereka didampingi empat kuasa hukumnya. Yakni, Tamrin Mahatmanto SH, Dr Teguh Purnomo MHum, Haryanto SH dan Kasran SH. Sedangkan pihak tergugat dihadiri pejabat terkait, sebagai kuasa khusus, Drs Murwanto MM yang juga Asisten Sekda I Bidang Hukum dan Pemerintahan.

Juga, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdangan Dra Suhartini MM; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Ir Fathori, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Drs Pram Prasetyo Achmad MM. Serta Kepala Dinas Perhubungan, Drs Agus Budi S, MM. Untuk kali kedua, tergugat 1, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, tidak hadir.

Ketua PKL Pendowo, Tri Kurniawantoro, menyayangkan Pemkab yang kurang siap saat prosesi mediasi. Ia menilai, lalainya Pemkab menghambat proses hukum yang tengah berlangsung. Tri berharap, Pemkab lebih siap, sehingga proses hukum cepat selesai. (jpg/isk)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here