Usaha Pemasalan Atlit Bulu Tangkis Demak

Djarum Foundation Kejuaran Bulutangkis Beregu Antar SD / MI SE-KAB Demak 2017

KALI KEDUA DIGELAR-Penyelenggaraan Djarum Foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD / MI tahun 2015. Pada 13 – 15 Oktober 2017, Pengkab PBSI Demak kembali menggelar kejuaraan yang digelar setahun sekali di tiap Korwil ini.
KALI KEDUA DIGELAR-Penyelenggaraan Djarum Foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD / MI tahun 2015. Pada 13 – 15 Oktober 2017, Pengkab PBSI Demak kembali menggelar kejuaraan yang digelar setahun sekali di tiap Korwil ini.

DEMAK-Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Demak, kembali menggelar kejuaraan bulutangkis beregu antar SD/MI, yang akan dilangsungkan pada tanggal 13 – 15 Oktober 2017, di GOR KONI, Demak Kota. Ketua Umum Pengkab PBSI Demak, Muhtar Lutfi, memaparkan, kejuaraan ini salah satu usaha potensial yang dilakukan untuk pemasalan atlit bulu tangkis.

Dengan tujuan pemasalan dan sekaligus pembibitan, pelaksanaan kejuaraan ini sangat tepat untuk menjaring atlit – atlit muda yang mempunyai kemampuan menonjol, serta memiliki potensi. Pesertanya kan usia awal seperti dini dan anak-anak.

”Dari sini, Pengkab PBSI Demak akan banyak pilihan pemain untuk ditingkatkan kualitasnya dengan pembinaan yang diselenggarakan secara terprogram. Kami akan pantau, kalau memang perkembangannya bagus, kedepan bisa kita turunkan untuk mewakili Kabupaten Demak,” paparnya saat persiapan, Rabu (11/10) kemarin.

Selama ini dari Pusat (Pengurus Pusat) maupun Pengprov PBSI, lanjut Muhtar Lutfi, ada intruksi mengadakan kejuaraan tingkat kabupaten / kota yang diselenggarakan setahun dua kali. Kejuaraan itu, selama ini sudah rutin berjalan di Demak.

“Nah selain itu, dari tiap Korwil (Koordinator wilayah) ada lagi kejuaraan yakni kejuaraan beregu antar SD sederajat. Tahun ini giliran Kabupaten Demak yang berkesempatan lagi untuk menggelar kejuaraan (beregu antar SD sederajat) ini,” imbuh Muhtar Lutfi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak ini.

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Antar SD / MI ini didukung Djarum Foundation. Panitia Pertandingan, Zulham Afandi, menjelaskan, sosialisasi dan penjaringan peserta sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. Melalui dinas pendidikan setempat, dan juga UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) yang ada di kecamatan – kecamatan.

”Dari setiap UPTD paling tidak ada yang mengirimkan dua sampai tiga regu putra, dan juga regu putri. Ternyata Alhamdulillah semua UPTD di Demak yang berjumlah 14 (empat belas) UPTD mengirimkan wakilnya,” tutur Sekretaris PBSI Kabupaten Demak ini. (fiq)

Gandeng UPTD Jaring Peserta

Pelaksanaan Djarum Foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD / MI Se-Kabupaten Demak menjadi upaya untuk mendorong siswa menyukai olahraga, khususnya bulu tangkis. Panitia Pertandingan, Zulham Anandi, mengungkapkan, para guru maupun pejabat UPTD di berbagai kecamatan mendukung terselenggaranya kejuaraan ini.

“Teman – teman UPTD sangat aktif mendorong sekolah – sekolah untuk menyertakan siswanya. Kami melibatkan mereka untuk ikut serta menjadi panitia dalam proses penjaringan peserta. Dengan demikian memudahkan komunikasi dengan pihak sekolah maupun ijin bertanding siswanya,” jelas pegawai Dinpora Kabupaten Demak ini.

Untuk mengikuti kejuaraan ini, imbuh Zulham, tidak harus sudah pernah juara. “Minimal bisa bermain bulu tangkis. Apalagi sebelum bertanding tentunya ada persiapan. Biasanya guru olahraganya sebagai official dari tiap sekolah, membuat atlitnya bisa kompak dulu dalam bermain,” paparnya.

Zulham Afandi menguraikan, pada kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Antar SD / MI tahun 2015, ada sekolah yang diluar dugaan bisa mendapat juara. Antara lain tim putra SD Bintoro 2 UPTD Demak, dan tim putri SD Tambak Bulusan 1 UPTD Karangtengah. keduanya mampu mencapai final. Meskipun komposisi kemampuan pemain tidak semuanya menonjol. “Yang penting siswanya ikut. Tujuannya kan pemasalan atlit. Kalau soal prestasi ini sebagai hasil usaha saja,” ungkapnya. (fiq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here