Tak Kenal Lelah Dongkrak Prestasi Siswa

277
PENUH SEMANGAT : Kepala SDN 2 Pager Gunung Mulkamto bersama para siswanya di halaman sekolah (M Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).
PENUH SEMANGAT : Kepala SDN 2 Pager Gunung Mulkamto bersama para siswanya di halaman sekolah (M Zaenuri/Jawa Pos Radar Semarang).

SESUAI dengan namanya, SDN 2 Pagergunung ini berada di bawah perbukitan  Desa Pager Gunung Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal. Meski di pegunungan, jangan tanya semangat para gurunya dalam mendongkrak prestasi para siswanya. Bahkan, patut menjadi teladan bagi sekolah lainnya.

Buktinya adalah Kasni, salah seorang guru di SDN 2 Pagergunung yang berinisiatif mendirikan bimbingan belajar (Bimbel) sendiri dengan memanfaatkan ruang kelas yang ada. Tidak seperti bimbingan belajar pada umumnya, belajar disini tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan alias gratis. “Disini tidak bisa disamakan dengan anak-anak kota yang sudah terbiasa ikut bimbel. Gratispun, ada juga anak yang masih enggan,” bebernya.

Diakuinya, pihaknya merasa senang bisa memberikan waktu khusus berupa tambahan pengajaran layaknya bimbingan belajar, walaupun tidak menerima bayaran sepeserpun. ”Ini sudah menjadi bagian dari tanggung jawab kami sebagai pendidik. Apalagi kalau anak-anak yang ikut, prestasinya meningkat. Itu sudah lebih dari cukup bagi saya,” tuturnya.

Bimbingan belajar yang sudah berjalan selama satu tahun ini dilaksanakan tiga kali dalam seminggu, khusus kelas 4,5 dan 6. ”Setiap pertemuan, tidak kurang dari 2 jam untuk semua mata pelajaran. Khusus untuk matematika mendapat porsi lebih,” terangnya.

Alhasil, selama ini sudah mulai menampakkan buah usahanya, walaupun belum maksimal. ”Sejauh ini, anak-anak sudah mulai menunjukkan peningkatan belajar berdasarkan nilai yang didapatkan,” bebernya.

Kepala SDN 2 Pagergunung, Mulkamto, menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan selalu mendukung apa yang diupayakan oleh pendidiknya. “Ini bagus sekali, sebagai upaya meningkatkan prestasi anak-anak. Minimal bisa bersaing di tingkat kecamatan,” pungkasnya. (zen/ida)