Suara Draw, Dinyatakan Kalah

Cakades Mengadu ke Dewan

59

DEMAK-Sejumlah warga Desa Kendalasem, Kecamatan Wedung, Rabu (11/10) mengadu ke Komisi A DPRD Demak. Mereka merupakan simpatisan salah satu calon kades, Mustaufiq, yang sebelumnya memperoleh suara sama (draw) dengan lawannya Najmul Fatah, yakni 321 suara.

Terkait masalah ini, panitia pilkades setempat telah menetapkan Najmul Fatah sebagai kades terpilih. Namun, kubu Mustaufiq belum puas dan ingin mencari keadilan. Mereka ditemui ketua Komisi A, Sunari.

Mustaufiq mengatakan, penetapan kades terpilih dinilai tidak pas. Apalagi, panitia juga tidak bermusyawarah terlebih dulu dengan dirinya. “Tiba-tiba panitia menetapkan Najmul Fatah sebagai kades terpilih dengan mendasarkan Permendagri 112 Tahun 2014 dan Perda Nomor 5 Tahun 2015. Kita minta penetapan kades terpilih ditinjau kembali,” katanya.

Ketua Komisi A DPRD Demak, Sunari mengatakan, panitia pilkades Desa Kendalasem mestinya tidak kesusu (tergesa) menetapkan kades terpilih. Sebab kondisi seperti ini akan rawan gejolak. “Untuk menindaklanjuti aduan ini, kita akan undang pihak-pihak terkait agar masalah ini dapat diselesaikan dengan baik,” kata Sunari. (hib/ton)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here