PTMSI Jateng Gelar Pra-Porprov 

SEMARANG – Pengprov Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Jateng akan menggelar kualifikasi Porprov Jateng di Lapangan Tenis Indoor DPRD Jateng Semarang, 23-26 November mendatang. Pra-Porprov akan mempertandingan beregu putra dan putri. Diharapkan, semua Pengkab/Pengkot PTMSI di Jateng mengirimkan timnya.

Kabid Binpres PTMSI Jateng Dustamat Jayawiguna mengatakan, nantinya daerah yang lolos berada di peringkat satu hingga 10. Dijelaskannya, sistem pertandingan menggunakan round robin (tiap regu bertemu satu kali). Meski dipusatkan di Kota Semarang, kualifikasi dibagi per karsidenan. Meski beregu, hanya mempertandingkan tunggal saja.

”Untuk ganda hanya saat Porprov Jateng nanti. Dengan kata lain, jika lolos kualifikasi otomatis meloloskan ganda dan tunggal baik di peroarangan maupun beregu. Pra-Porprov nanti untuk menentukan by number saja. Dengan demikian, daerah yang lolos bisa mengganti pemain saat di Solo nanti,” kata Dustamat di Semarang, Rabu (11/10).

Untuk pemegang medali emas beregu putra/putri pada Porprov Jateng 2013 lalu dan tuan rumah langsung tampil di ajang multicabang empat tahunan tersebut. Daerah yang tak lolos di nomor beregu, lanjut Dustamat, masih diberik kesempatan memperebutkan delapan tiket melalui wild card pada kelompok perorangan.

”Harapan kami, semua daerah yang mengikuti babak kualifikasi punya wakil di Porprov Jateng 2018 nanti. Ini merupakan semangat dari pengurus baru agar semua petenis meja di daerah merasakan pesta olahraga Jateng tersebut,” papar dia.

Porprov nanti, lanjutnya akan dijadikan proyeksi menuju PON XX Papua 2020 nanti. Pihaknya bertekad memperbaiki prestasi pada PON mendatang. PTMSI Jateng, kata Dustamat, akan membuat data base pemain. Sehingga tiga dari empat pemain kabupaten/kota yang lolos maksimal berusia pada Porprov dan satu pemain tak dibatasi.

”Ini menjadi tekad kami melakukan regenerasi petenis meja di Jateng. Kami yakin banyak potensi. Dengan adanya wild card nanti, pemantauan lebih maksimal,” tandasnya.(bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here